Friday, June 6, 2008

Pergaulan Yang Buruk

Semalam saat baca firman Tuhan, di satu perikop ada ayat ini
"Janganlah kamu sesat : Pergaulan yg buruk
merusakkan kebiasaan yg baik" (1 Korintus 15 : 33)
Memang Tuhan gak fokus bicara ayat itu, tapi waktu baca renungan harian ini kok tiba2 ayat itu kyk dimunculkan lagi. Hm, memang tidak ada yg kebetulan ya....
Satu hal yg aku ingat, saat aku mulai melupakan saat2 teduh pagi hari (biasanya karena tidur kemalaman & telat bangun) atau mengurangi jam2 doaku, perlahan tapi pasti itu akan menjauhkan aku dari Tuhan. Hal yg sama juga berlaku....saat aku mulai menunda2 utk setrika misalnya, lama2 itu jadi kebiasaan & akhirnya setrikaan jadi menggunung. Dan semakin males utk setrika. Hehehe...itu contoh gampangnya. Contoh ekstrimnya spt yg tertulis di renungan ini.
Tapi satu hal yg kita harus ingat, kenapa Tuhan begitu concern dgn masalah pergaulan & kebiasaan....karena melalui pergaulan kita bisa makin jauh dari Tuhan ato makin dekat sama Tuhan, lewat pergaulan juga kita bisa makin punya kebiasaan baik ato malah jadi punya kebiasaan buruk.....
So berhati2lah dalam bergaul. Bukan supaya kita milih2 teman dlm bergaul, tapi utk membentengi diri kita sendiri karena kebiasaan yg buruk itu emang gampang banget nular. Kalo kita bergaul dgn seorang yg hobi banget mengeluh tentang apapun juga, lama2 kita juga akan jadi orang yg gampang mengeluh juga. Gak percaya? Coba deh....aku udah pernah ngalami kok :)
Aku ingat punya seorang teman waktu SMA....dia jatuh dlm narkoba karena pacarnya mulai pake narkoba duluan & kira2 4 tahun lalu dia berakhir OD. Itu satu hal yg aku bener2 sesali saat tau dia sudah tidak ada. Seandainya dulu dia tidak bergaul dgn cewek itu, mungkin keadaan bisa berbalik.
So berhati2lah dalam bergaul & jagalah supaya kita tetap punya kebiasaan yg baik. Belajar utk menghilangkan kebiasaan buruk kita supaya kita bisa jadi berkat dimanapun kita berada.
Have a blessed day.
Gbu

with love and pray,
Vega (^_^)

No comments: