Friday, June 6, 2008

Ketika Kasih Tuhan Digantikan Dengan Kasih Manusia

Beberapa waktu yg lalu aku pernah punya hubungan ekskusif dgn seseorang. It was my first commitment with a man, but it broke up at the end. Why? Aku selalu menuntut dia utk jadi seseorang yg tepat spt yg aku mau. Padahal mamiku pernah bilang, "Dek, kamu gak akan pernah ketemu seseorang yg tepat, kecuali kamu berusaha utk menjadi seseorang yg tepat utk orang lain. Kamu bisa jadi seseorang yg tepat kalo kamu utuh & bahagia. Kalo kamu gak utuh & bahagia sekarang, jangan harap utk utuh & bahagia saat kamu punya pendamping ato saat kamu menikah." Sebuah buku utk para single yg aku baca kemaren, juga ada kalimat yg bagus :
Kalo Anda tidak bahagia pada saat kondisi lajang, jangan berharap Anda akan bahagia saat Anda punya hubungan eksklusif dgn seorang pria.
Yup, bener banget....Saat aku menempatkan kasih manusia di atas kasih Tuhan, yg ada hanya kekecewaan. Kenapa? Karena manusia itu bisa berubah. Tidak ada seorang manusia pun yg bisa mengisi ruang paling kosong dalam hati kita, kecuali Tuhan. Saat kasihNya memenuhi hidup kita, kita akan dipuaskan & kita tidak perlu orang lain utk memenuhi kehausan kita akan kasih, tapi kita malah menyalurkan kasih itu kepada orang lain & dgn demikian....kita belajar menjadi seorang yg tepat bagi orang lain, seorang yg memberi kasih & bukan meminta, seorang yg membebaskan orang lain utk menjadi diri mereka sendiri & bukan seorang yg mengontrol orang lain utk menjadi seperti yg kita mau. It's not easy...bener2 gak gampang. Tapi kalo kita mau belajar & minta dipenuhi kasih Tuhan tiap waktu, kasih itu yg akan memampukan kita utk menjadi orang yg tepat bagi orang2 yg kita kasihi.
Satu hal yg aku ingat dari buku itu :
kasih sejati memberi kebebasan pada yg dikasihi....Kasih Tuhan memberi kita
kebebasan utk memilih, apa kita mau menerima kasihNya ato menolak kasihNya
KasihNya tidak pernah memaksa...kasihNya memberi kebebasan utk memilih... Hal yg sama juga akan kita lakukan pada orang lain saat kita dipenuhi kasihNya.
Kuncinya adalah dipenuhi dgn kasih Tuhan...maka kasihNya yg akan memampukan kita utk mengasihi orang lain spt Tuhan mengasihi kita. Mari, tiap hari minta Tuhan memenuhi kita dgn kasihNya supaya kita bisa menyalurkan kasih kpd orang lain.
Have a blessed day.
Gbu

with love and pray,
Vega (^_^)

No comments: