Thursday, September 25, 2008

Betapapun Hebatnya Teknologi

Hm, aku dah lama gak berhubungan dgn bioteknologi. Tepatnya udah 7 tahun stlh aku lulus kuliah. Hehehe... Bioteknologi termasuk mata kuliah yg susah, tapi herannya dulu aku ngambil mata kuliah bioteknologi sbg penjurusan. Hahaha, abis itu kembang-kempis deh kuliahnya. Hafalannya banyak bener. Trus njlimet banget. Secara aku gak suka menghafal. Padahal 7 tahun lalu aku anggap itu mata kuliah susah. Gimana dgn sekarang ya? Kan ilmu & pengetahuan maju pesat tuh. Pasti sekarang bioteknologi dah berkembang jadi aneh2 deh. Hehehe..
Tapi bener kok, bioteknologi itu hebat banget. Heran ya ada orang2 yg bisa merekayasa sesuatu sampai sedetil itu. Tapi sebenernya kalo mau jujur nih, yg bikin manusia bisa sepintar itu sapa sih? Ya, Tuhan donk yg menciptakan kita. Alkitab menuliskan "dan Ia berfirman: "Mereka ini satu bangsa dengan satu bahasa utk semuanya. Ini barulah permulaan usaha mereka; mulai dari sekarang apapun juga yang mereka rencanakan, tidak ada yang tidak akan dapat terlaksana." (Kejadian 11:6). Berarti Tuhan berikan kuasa dlm manusia utk merencanakan/merekayasa sesuatu & semua itu pasti bisa terlaksana. Tapi seringkali manusia lupa. Kalo orang Jawa bilang, "pinter malah dadi keblinger". Hm, gimana mengartikannya dlm bhs Indonesia ya? Hehehe, translate-ku utk bhs Jawa-Indonesia emang rada parah. Back to bahasan kita kali ini. Yup, sebagian besar manusia malah makin melupakan Tuhan saat mereka merasa bhw mereka bisa mencipta ato punya segalanya. Yah, liat aja di film2 itu. Ada banyak ilmuwan pinter yg malah jadi gila karena pengen menjadi spt Tuhan. Ato ada orang kaya yg saking kayanya malah murtad & jadi jahat karena merasa dia bisa membeli segalanya dgn harta kekayaannya, termasuk menguasai bumi. Hm, gara2 suka nonton film nih jadi kayak gini nih aku. Hahaha...Tapi nonton film itu selain refreshing juga bisa jadi pembelajaran lho. Ada insight-nya...Duh, sok wise banget sih...Hehehe....Tapi bener lho. Kalo itu tadi di film, liat aja kenyataannya sekarang. Berapa banyak manusia yg makin pinter, makin kaya, makin sukses, tp malah jadi murtad & merasa gak butuh Tuhan. Ya, mungkin mereka bilang masih percaya Tuhan, masih beragama, tp sebenernya dalam hati kecilnya sudah memberontak thd Tuhan. Wow, this is so serious. So be careful...
Gak ada yg salah kok dgn teknologi. Aku termasuk orang yg mendukung teknologi, kalo gak ngapain dulu kuliah di teknik? Lagipula dgn pernah kerja di bagian engineering membuatku makin ngerti...there's nothing wrong with technology. Itu justru bagus karena sangat menunjang kehidupan masa kini. Tapi kalo disalahgunakan...nah, itu bahaya!!! Apalagi kalo apa yg timbul di hati itu, niatnya udah gak bener. Ya, makin kacaulah jadinya. So we have to be careful & wisely use the technology for the goodness of all mankind. Kita musti ingat bhw kita ini hanyalah debu & tanah yg diberi nafas kehidupan oleh Allah kita. Jangan sampai kita melupakan siapa kita & siapa Pencipta kita yg sesungguhnya. Kita diberi kuasa utk mencipta, utk merekayasa, utk mengembangkan sesuatu bukan utk menyaingi Tuhan. Ntar malah jadi murtad kayak lucifer lho. "Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur, putera Fajar, engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa! Engkau yang tadinya berkata dalam hatimu: Aku hendak naik ke langit, aku hendak mendirikan takhtaku mengatasi bintang-bintang Allah, dan aku hendak duduk di atas bukit pertemuan, jauh di sebelah utara." (Yesaya 14:12-13). Lihat, iblis jatuh karena dia ingin menjadi spt Allah. Jangan sampai kita spt itu. Sepintar apapun otak kita, secanggih apapun teknologi yg kita ciptakan, secantik ato seganteng apapun wajah kita, sebanyak apapun kekayaan kita, sesukses apapun kita, ingatlah semuanya itu adalah anugerah yg Bapa berikan bagi kita. Jangan sampai kita lupa bhw di atas kita ada Allah Pencipta langit & bumi yg padaNya kita harus tunduk & menyembah. Betapapun hebatnya manusia, Tuhan Yesus jauuuuuuuhhhhhh lebih hueeeeebaatttttt!!!!!!
Have a blessed day.
Gbu

with love and pray,
Vega (^_^)

No comments: