Wednesday, September 24, 2008

Berdoa Untuk Orang Lain

Aku ingat di suatu malam hampir 3 tahun lalu. Aku lagi ngerjain power point utk presentasi kelompokku. Aku liat jam, baru jam 9 malam lewat sedikit. Aku bilang sama diriku sendiri, "Ntar aku doa jam 10 ah. Tanggung nih, power point-nya tinggal beberapa sheet lagi yg musti dirapiin." Tapi gak tau kenapa, ada sesuatu dalam hatiku yg nyuruh aku utk ngedoain papi (saat itu papiku lagi ICU di Semarang). Makin lama, doronga itu makin kuat. Aku bingung, aku bilang ke Tuhan gini, "Iya, Tuhan, tanggung nih...sedikit lagi presentasiku kelar. Sabar napa sih? Aku pasti doa kok." Tapi dorongan itu makin kuat. Akhirnya emang aku doa sih....waktu masuk doa itu, aku ngerasa kayak ada sesuatu yg hebat sedang terjadi. Aku doa bisa 1 jam lebih...seperti orang sedang perang melawan sesuatu yg aku gak lihat. Habis selesai doa, aku nerusin ngerjain power point-ku lagi trus tidur. Esok pagi2 sekali aku ditelpon mami dari Semarang dgn berita yg sangat mengejutkan, semalam sekitar jam 21.30-an papiku koma...sampai semua suster & dokter jaga heboh. Itu berlangsung 1 jam. Tapi puji Tuhan, setelah itu keadaannya baik. Aku kaget, berarti itu kan jam yg sama aku berdoa. Dan siang harinya seorang sahabatku telpon dari Semarang, dia bilang semalam itu dia ingat papiku terus....jadi dia doain papiku & itu berlangsung 1 jam. Dia liat dalam doanya, ada 3 orang bersujud sedang berdoa di samping ranjang papiku. Aku bingung lagi, kalo cuma aku & dia yg berdoa, lalu siapa orang ke-3 yg dimaksud? Oh, mungkin mami....Aku tanya mami. Mami malah jawab, "Gimana mau doa? Aku dah gak kepikiran doa soalnya udah bingung banget. Mana kamu ditelpon hapenya mati lagi." (kebiasaanku dulu kalo lagi doa, hape selalu aku matiin..hehehe). Malam itu, papiku selamat...Yg aku heran, kalo ada 3 orang berdoa, selain aku & sahabatku, sapa orang yg satunya? Aku gak tau siapa orang itu smp sekarang. Tapi aku tau...ada orang lain yg berdoa utk papiku saat itu.
Pernah ada kejadian lain, aku tiba2 diingatkan ttg seorang teman lama...gak tau gimana, pokoknya aku ngerasa aku harus bawa dia dalam doaku. Tapi aku gak taat, aku mengulur2 waktu. Sampai akhirnya aku terima kabar, dia meninggal karena OD. Itu penyesalanku terdalam...karena aku gak taat utk doain dia. Padahal cuma berdoa aja, apa susahnya sih? Aku gak tau apa yg terjadi sama dia waktu Tuhan ingatkan aku utk ngedoain dia, kadang berpikir...seandainya dulu aku taat, mungkin dia gak sampai OD. Tapi itu sudah terjadi. Sejak saat itu, setiap kali ada dorongan kuat utk mendoakan seseorang, aku langsung aja doakan dia. Aku gak pernah tau apa dampak doaku itu thd orang yg bersangkutan, tapi aku percaya itu pasti mengerjakan sesuatu yg besar dalam hidup orang itu. Mungkin ada yg secara instant terjadi, mungkin ada yg butuh waktu panjang utk doa itu dijawab. Yg penting, aku lakukan bagianku.
Kalo ingat semua kejadian itu, aku tau pentingnya berdoa utk orang lain. Mungkin gak selalu aku diingatkan utk mendoakan seseorang. Tapi kalo ada yg curhat masalahnya ke aku, biasanya aku bawa dalam doa. Aku tau aku bukan seorang konselor yg baik, aku mungkin gak punya nasihat yg bijak, tapi aku bisa mendoakannya supaya Tuhan bekerja utk menolongnya. Ato kalo ada yg nitip doa, "Vega, doain aku ya...biar lulus ujian." ato "Vega, doain mamiku yg lagi sakit ya." Aku dengan senang hati mendoakannya. Dgn berdoa syafaat sebenernya aku sedang mengikis egoisme-ku, tidak lagi berfokus pada diriku sendiri & masalahku.
Kita tidak pernah tahu apa dampak doa kita bagi orang lain....mungkin akan mengerjakan hal besar utk orang itu, entah keselamatan, pertobatan, jalan keluar atas masalahnya, dll. Dgn berdoa utk orang lain, sebenernya kita juga memberkati dia. Sama seperti kita tidak tahu siapa saja orang2 yg sudah mendoakan kita sampai kita bisa tetep exist sampai sekarang, mari belajar utk berdoa utk orang lain...yg mungkin sedang membutuhkan dukungan doa kita. Kita tidak pernah tau apa yg sebeenrnya terjadi kan? Tapi kalo kita menabur doa, kita juga akan menuai doa yg baik...asal kita tidak menyerah & tetap mengerjakannya dgn tekun.
Have a blessed day.
Gbu

with love and pray,
Vega (^_^)

No comments: