Wednesday, September 24, 2008

Sekilas Tentang Papi

Seorang teman membalas RH kirimanku kemaren, "Wah, enak ya punya papi yg sangat bijak. Kok bisa sih perfect banget? Aku kok enggak ya?" Hm, i told you...my daddy wasn't that perfect at all...He's just ordinary father...punya kelemahan & kelebihan. Sosok yg kuat, tegas, keras, kadang juga galah, tapi di sisi lain juga setia, perasa, lucu & kadang suka ngelantur juga. Hihihi....mirip banget sm sifat2ku. Tidak semua kisahku dgn almarhum papi bagus lho, kadang kami juga berantem. Aku & papi sifatnya sama2 keras. Kalo salah satu marah, yg satunya bisa lebih marah lagi. Mami sampe pernah ngomong gini, "Kamu tuh cewek, tapi kok keras & galaknya kayak cowok. Bener2 persis banget sm papimu dulu." Kadang kami juga sama2 ngambek, gak ada yg mau ngalah karena dua2nya ngerasa bener sendiri. Yah, layaknya hubungan ayah-anak yg tidak selalu smooth-lah. Tapi emang ada beberapa hal yg aku ingat sekali dari perkataan2nya yg menguatkan & mengangkat aku. Biar bagaimanapun, buatku dia tetep the best father dgn segala kekurangan & kelebihannya.
Dalam banyak hal, aku sangat terkesan dgn caranya mengatasi masalah. Walo aku tau dalam beberapa hal mungkin beliau dulu pernah hampir menyerah, tapi tidak pernah ditunjukkan padaku. Selalu dgn senyumnya ato dgn gaya kerasnya, beliau pasti bilang semua akan baik2 aja. Hehehe, itu yg selalu membuatku juga kuat. Papi tidak pernah bilang akan menjaga & menolongku 24 jam, tapi beliau selalu ingatkan bhw aku punya Tuhan Yesus yg setia bersamaku 24 jam. Papiku mungkin bukan orang yg rohani sekali. Tiap kali ada doa keluarga, selalu aku ato mami yg disuruh doa dgn alasan dia gak deket Tuhan, gak biasa doa diucapin, bisanya cuma doa dalam hati & sederet alasan lainnya. Intinya papi selalu pinter ngeles & rupanya aku juga punya sifat itu. Hehehe....
Tiap kali aku ada masalah, pertama kali yg aku telpon pasti papi. Tidak selalu beliau punya jawaban yg benar atas masalahku, tapi papi selalu mengingatkanku bhw aku punya Tuhan yg hebat, apapun yg terjadi dalam hidupku itu pasti ada di bawah kontrol Tuhan & tidak pernah Tuhan merancangkan yg jahat padaku. Alkitab menuliskan : Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yg ada padaKu mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yg penuh harapan (Yeremia 29:11). Kata papi, ayat itu adalah ayat favoritnya saat dia merasa masalahnya besar ato kenyataan yg terjadi tidak sesuai yg dia harapkan. Dengan ayat itu beliau dikuatkan utk tidak menyerah karena rancangan Tuhan atas hidupnya pasti rancangan yg mendatangkan damai sejahtera.
Beberapa hari lalu aku membaca sebuah ayat yg bener2 menguatkanku : Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahteraKu Kuberikan kepadamu, dan apa yg Kuberikan tidak seperti yg diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu (Yohanes 14:27). So kenapa musti takut dgn masalah? Ayo, hadapi.... jangan menyerah....Menghadapi masalah apapun, kita pasti bisa melewatinya & menang bersama Tuhan Yesus.
Have a blessed day.
Gbu

with love and pray,
Vega (^_^)

No comments: