Wednesday, September 24, 2008

Gereja ato Tempat Gosip?

Hm...kepikir gak sih bhw gereja kadang jauh lebih keterlaluan drpd dunia kalo memperlakukan orang yg bersalah? Bukannya menunjukkan kasih, tp malah menghukum orang itu dgn cara yg kadang lebih kejam drpd cara dunia menghukum orang yg bersalah. Pernah ngerasa gak seeh, kalo umat Tuhan kadang gak beda jauh dgn orang2 Farisi yg hidup di jaman Tuhan Yesus dulu? Istilah kasarnya, lu salah ya gak ada kesempatan kedua utk lu, lu gak mungkin berubah deh. Aku setuju kalo orang salah ya dihukum. Aku dgn Tuhan juga gitu. Kalo aku salah, emang ada risiko yg harus aku tanggung. Tapi tau gak seeh, kalo sebenernya risiko dari kesalahan kita itu sudah diberi keringanan oleh Tuhan? Bahkan gak jarang Tuhan ngasih kita kesempatan kedua, ketiga, keempat, dst....
Dulu ada seorang full-timer yg ketauan ngutil uang gereja....tanpa basa-basi gereja langsung menjatuhkan hukuman pd orang tsb dgn tidak diberi pelayanan sementara waktu (cara ini aku setuju), tapi dalam saat yg bersamaan harusnya orang tsb dibimbing/diarahkan utk bertobat & tidak mengulangi kesalahannya. Tapi para pemimpin gereja saat itu malah cuekin si A. Gak tau gimana, langsung beredar gosip di jemaat kalo si A mencuri, sekarang sdg diskors, dsb....dst.... & satu per satu gak ada yg mau ngomong dgn si A ini. Setiap kali jemaat ada yg melihat si A ikut kebaktian, mereka langsung kasak-kusuk. Jemaat melakukan penghakiman thd si A. Akhirnya si A mengundurkan diri dari gereja & sekarang gak tau entah kemana. Lihat....satu jiwa hilang karena penghakiman & gosip yg dilakukan umat Tuhan. Kadang aku gak habis pikir, umat Tuhan tuh malah suka dgn gosip & ngomongin kejelekan orang lain drpd ngomongin hal2 baik ttg orang lain. Childish banget gitu loh....Lalu apa bedanya kita dgn orang2 yg belum kenal kasih Kristus? Mendisiplinkan orang...ya itu harus. Tapi caranya donk...metodenya harus benar. Gak cuma dihukum, tapi juga diarahkan, dibimbing & dimentor smp dia mengerti bhw yg dilakukannya dulu salah & lain kali tidak akan diulangi lagi.
Aku dgn Tuhan juga begitu. Saat aku melakukan kesalahan, aku dapat hukuman alias risiko dari kesalahanku. Tapi Tuhan gak pernah tuh meninggalkan aku saat aku menjalani "masa hukuman" itu. Dia menolong, mendukung, menuntun & membimbingku smp aku selesai menjalani "masa hukumanku". Mungkin tiap orang treatment-nya beda, tapi intinya Dia tidak pernah membiarkan kita menjalaninya sendirian. Saat kita sudah mengakui dosa kita & minta ampun padaNya, pasti Dia turut campur. Kadang kita gak ngerasa kalo sebenernya kita lagi menjalani "masa hukuman" akibat kesalahan & dosa kita, karena Dia selalu ada bersama kita. Harusnya dalam praktek sehari2 hidup kita, kita juga bisa melakukannya. Tapi kadang...kita lebih suka bersikap spt orang2 yg gak pernah kenal kasih Kristus. Sungguh ironis.....
Aku berdoa supaya kita bisa mempraktekkan kasih Kristus dlm hidup kita. Jangan gampang menghakimi orang lain dgn persepsi kita sendiri. Karena dengan penghakiman yang kamu pakai untuk menghakimi, kamu akan dihakimi dan ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu. (Matius 7 : 2) Kita pun dulu juga orang berdosa...kalo bukan karena kasih Kristus yg besar, kita gak mungkin bisa diselamatkan bahkan diangkat jadi anak2Nya...Kalo Tuhan masih memberi kesempatan kedua pada kita utk bertobat & berubah, masa kita tidak memberi kesempatan yg sama pada orang lain utk bertobat & berubah? Beri teguran, tapi pada saat yg sama jg bimbing mereka...itulah kasih.....
Have a blessed day.
Gbu

with love and pray,
Vega (^_^)

No comments: