Wednesday, September 24, 2008

Injil Di Balik Imlek

Hm, kalo ngomongin ttg tradisi nenek moyang, mungkin aku gak punya cerita itu di keluargaku. Walopun dibesarkan di keluarga jawa, tapi keluargaku gak menanamkan tradisi gitu. Alasannya papi masuk akal juga sih, tradisi jawa tuh ribet & mahal kalo diterapkan sekarang. Hehehe, bener juga sih. Tradisi yg ada di keluargaku cuma adanya roti tart & acara tiup lilin pas ultah, naruh kado di bawah pohon natal pas natalan, & bagi2 coklat pas valentine. Selain itu gak ada tradisi. Hehehe, padahal tiup lilin, kado natal & valentine juga bukan tradisi jawa kan? Makanya kadang bingung juga kalo ditanya tradisi nenek moyang. Hahaha....
Tanteku punya kenalan dekat seorang tante di gereja, mungkin kalo aku lebih tepat panggil beliau oma. Tiap kali taon baru imlek, tanteku selalu diundang ke rumahnya di kawasan pecinan Semarang. Aku beberapa kali ikut nemenin tanteku. Pulang dari sana selalu dapat angpao. Hehehe, xiexie nin oma. Dulu aku pikir, tradisi imlek gitu cuma utk mereka yg sembahyangan di klenteng. Tapi ternyata oma ini mengubah esensi tradisi itu jadi acara fellowship & kumpul2 dgn anak-cucunya spt kalo kita menyambut tahun baru masehi. Bedanya cuma semua makanan & minumannya lebih bergaya cina. Pokoknya enak2 deh walo aku gak tau nama makanannya. Hahaha...Jadinya dalam beberapa tahun sebelum aku pindah Jakarta, aku sering ikut imlekan di rumah oma itu. Sekarang sih gak pernah lagi, oma & tanteku udah gak ada. Hm, makanya waktu baca renungan ini, jadi inget kalo imlekan di rumah oma. Gara2 aku sering cerita ttg imlekan di rumah oma, papi sering beli jeruk lokam berdus2 & mami sering beli kue keranjang pas imlek. Lho? Jadi tradisi nenek moyang keluargaku yg mana neeh? Hahaha....
Dulu waktu aku tanya, kok bisa punya ide bikin fellowship begini pas imlekan? Oma itu cuma bilang, "Oma dibesarkan dgn tradisi ini sejak kecil. Memang setelah oma kenal Yesus Kristus, ada banyak hal di tradisi cina yg bertentangan dgn firman Tuhan. Tapi ada juga beberapa hal yg bisa tetap dipertahankan tanpa bermaksud memuja nenek moyang ato dewa2 spt tradisi cina pada umumnya. Dengan cara ini oma bisa membagikan kasih Kristus ke tetangga oma yg belum kenal Kristus." Wah, hebat sekali....aku terkagum2 dgn jawabannya. Bayangkan seorang oma tua bisa mikir sejauh itu utk membawa tetangganya kenal Kristus melalui tradisi nenek moyang mereka. Padahal aku justru mikir bhw tradisi itu ribet banget & sering bertentangan dgn iman yg aku percaya. Tapi kalo aku bisa melihat jauh ke dalam spt apa yg dilakukan oma, mungkin banyak orang yg bisa dijangkau kasih Kristus lewat tradisi sebagai sarananya tanpa bermaksud menggantikan Kristus dgn tradisi itu. Kadang aku harus belajar melihat segala sesuatu bukan apa yg tampak di luar saja, tapi juga apa yg ada di dalam.
Have a blessed day.
Gbu

with love and pray,
Vega (^_^)

No comments: