Wednesday, September 24, 2008

Look at Gaban

Hm, waktu baca judulnya...wah, jadi inget film kartun tom & jerry dimana jerry sering kalah sm si buldog. Hehehe, aku ngefans sm tom & jerry. Kakakku juga. Kalo mami bilang, aku & kakakku tuh kayak tom & jerry ato kayak si buldog & jerry. Gak pernah akur. Berantem melulu waktu kecil. Gak jelas sapa yg tom & sapa yg jerry. Hehehe...Wah, kok jadi ngelantur ya?
Tapi waktu aku baca semua isi renungan ini, aku jadi inget peristiwa beberapa tahun lalu. Aku ingat saat itu akhir tahun, aku pulang ke Semarang. Aku sedang menghadapi masalah yg cukup membuatku down. Sampe aku memutuskan utk gak mau balik ke Jakarta. Aku inget, 2 hari lagi aku musti balik ke Jakarta karena tiket udah dibeli & emang sebentar lagi aku harus masuk kantor. Tapi waktu itu aku keukeuh aku gak mau balik ke Jakarta. Jakarta cuma ngasih kesedihan thok buatku. Begitulah yg aku pikirkan saat itu. Mami yg dah gak tau lagi gimana caranya musti ngebujuk aku, langsung laporan ke papi, "Pap, itu anak perempuanmu diurusi tuh. Gak mau balik ke Jakarta tuh. Huh, ada masalah bukannya dihadapi kok malah mau lari." Gak berapa lama, papi masuk kamar & menutup pintu kamarku. Aku masih nangis di tempat tidurku. Aku ketakutan, pikirku...papi pasti bakal marah besar. Tapi tau apa yg papiku lakukan? Dia elus2 kepalaku sambil bilang gini, "Dek, kamu kenapa? Kenapa gak mau balik ke Jakarta?" Aku sesenggukan sambil cerita semua masalahku ke papi. Selesai aku cerita, papi bilang gini, "Dek, dalam hidup ini akan selalu ada masalah. Itulah dinamika kehidupan & sebenernya itulah yg akan membuatmu lebih dewasa & lebih matang kalo kamu bisa menyikapinya dgn benar. Tapi kamu musti yakin satu hal, bahwa kamu bakal menang menghadapi masalah apapun. Inget gak, waktu kamu SD dulu kamu sering liat film2 Gaban, Sarifan ato Google V? Bukannya di tengah cerita, mereka selalu hampir kalah dari musuhnya? Tapi liat endingnya, pasti mereka menang kan? Dan saat mereka hampir kalah di tengah cerita, kamu pasti yakin bhw di akhir cerita mereka pasti menang kan? Nah, dalam hidup juga begitu. Masalah itu ibarat si Gaban lagi berperang melawan musuh, kayaknya hampir kalah, udah mau KO, tp liat...Gaban tetep berjuang, trus entah dapat darimana tiba2 kekuatannya nambah ato tiba2 dia dapat senjata baru & akhirnya menang melawan musuhnya karena emang endingnya udah diset Gaban yg menang. Kamu juga begitu. Selama kamu gak menyimpang dari jalan Tuhan, akhir hidupmu udah diset utk happy ending meskipun di tengah2 perjalanan hidupmu ada banyak masalah. Jadi...ngapain mesti lari? Hadapi donk...kan endingnya udah pasti kamu yg menang." Hehehe, aku tersenyum denger itu. Jadi berhenti nangis. Darimana papi dapat ide tentang Gaban ya? Dia selalu punya cara utk membuatku bangkit dari keterpurukanku. Hahaha....Setelah itu aku peluk dia, aku bilang, "Thanks, Pap. Aku pasti balik ke Jakarta & hadapi semuanya." Sebelum keluar kamar, papiku bilang gini, "Dek, saat kamu lelah & gak kuat menghadapi masalahmu, ingat satu hal....kamu ditetapkan Tuhan utk jadi pemenang. Jadi jangan pernah menyerah. Entah gimana caranya, yakin & percayalah bhw Tuhan Yesus pasti sanggup menolong kamu menghadapi apapun juga. Kita punya Tuhan yg hebat lho." Hehehe, yup....papi bener. Entah kenapa saat itu aku gak bisa liat kehebatan Tuhan, tapi malah liat masalahku. Padahal Alkitab katakan : Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang2 yg menang, oleh Dia yg telah mengasihi kita (Roma 8 : 37).
So kalo ada yg sedang ada masalah sekarang ini, hadapi ya....jangan lari. Ingatlah bhw masalah bisa merupakan alat utk mendewasakan kita. Kalo kita lari terus, wah....kapan bakal bertumbuh dewasa?
Have a blessed day.
Gbu

with love and pray,
Vega (^_^)

No comments: