Wednesday, September 24, 2008

Persembahan Untuk Tuhan

Aku banyak diajari Tuhan dalam hal persembahan&keuangan. Ketua FA-ku yg lama pernah bilang gimana caranya kita mengelola keuangan kita itu menunjukkan bagaimana hubungan kita dgn Tuhan. Lho kok bisa? Ya iyalah, kan Alkitab menuliskan : Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada. (Matius 6 : 21)
Kalo kita mencintai seseorang, kita pasti akan seneng2 aja memberikan apa yg disukai orang tsb. Sama kayak orang tua yg mengasihi anaknya, pasti gak akan sayang memberikan apa yg disukai anaknya. Begitu juga kita dgn Tuhan. Kalo kita bener2 mengasihi Tuhan, kita gak akan menyayangkan sesuatu yg berharga buat kita utk diberikan ke Tuhan, entah itu hati kita, cinta kita, waktu kita, atau harta kita. Apapun yg kita persembahkan ke Tuhan atas dasar kasih & cinta kita ke Tuhan, tidak ada yg akan sia2.
Let me tell you about my story. Aku dulu terkenal sangat pelit & hemat. Lebih tepatnya...kopet banget. Aku tuh paling males minjemin orang, paling males memberi, apalagi disuruh traktir...boro2 deh. Pokoknya pelit banget deh. Gak tau dapat sifat pelit itu darimana, padahal papi&mami bukan orang yg pelit. Mereka cenderung royal & gampang memberi. Lalu aku mulai kenal dengan Pribadi yg namaNya Yesus, yg aku akui sebagai Tuhanku. Makin kenal Dia, aku makin diajari ada banyak hal yg musti dikikis dari seorang Vega. Aku mulai diajari arti memberi dgn cinta, memberi utk pekerjaan Tuhan, memberi tanpa orang lain tahu (biasanya ini penyakit manusia nih, kalo dah memberi, pengen orang lain tau alias pamer...jadinya gak tulus). Itu semua diajari Tuhan, sejak aku SMP sampai sekarang. Butuh waktu bertahun2 aku keluar dari sifat kopet, pelit, medit, kikir....ato apalah itu namanya. Aku baru tau kalo orang2 juga memperhatikan perubahan sifatku itu sejak tanteku bilang gini ke mamiku, "Heran ya, sekarang kok Vega gak pelit ya? Beda banget dengan Vega yg aku kenal dulu." Hehehe....
Aku gak tau dgn orang lain ya, tapi aku dgn Tuhan tuh cepet ngeh kalo masalah duit. Tiap kali aku datang ke rumah Tuhan, entah kebaktian, persekutuan doa, KKR ato apapun juga, tiap kali ada persembahan aku selalu nanya ke Tuhan, "Tuhan, berapa jumlah yg Engkau mau utk aku beri persembahan pada hari ini?" Dan seringkali....Tuhan bicara berapa yg harus aku persembahkan. Pernah dalam suatu kali, aku gak bawa jumlah uang yg Tuhan sebutkan, tapi besoknya pasti aku transfer ato aku genapi. Aku gak mau utang sm Tuhan karena Dia lebih dulu gak pernah utang sm aku. Kalo aku janji ke Tuhan aku bakal kasih persembahan dgn jumlah tertentu, itu pasti aku genapi meskipun ditengah2 keadaan aku butuh banget uang itu. Dan selama ini aku lihat, tak sekalipun Dia menelantarkanku. Aku bener2 diajari Tuhan bagaimana utk nabung, kasih persembahan, memberi ke orang lain, juga mengelola uang yg aku miliki. And it's so amazing. Bener2 hebat....caraNya hebat. Aku ingat Pak Petrus Agung dulu pernah bilang gini pas kotbah, "Kalo Saudara tidak itung2an dgn Tuhan dalam masalah persembahan & pemberian ke Tuhan, Tuhan juga gak akan itung2an dgn Saudara dlm memberkati Saudara." Sejak itu aku belajar memberi tanpa minta balasan. "When you help someone out, don't think about how it looks. Just do it—quietly and unobtrusively. That is the way your God, who conceived you in love, working behind the scenes, helps you out. (Matthew 6 : 3-4 The Message). Itu berlaku tidak hanya dlm hal memberi utk Tuhan, tapi juga kepada orang lain.
For me...giving is much more better than receiving. Mau dibales kek, mau kagak, aku gak ngurusi lagi. Aku hanya melakukan apa yg jadi bagianku, selanjutnya terserah Tuhan ato orang yg aku beri. So tidak ada dalam kamusku utk menarik kembali apa yg sudah aku berikan & tidak pernah ada penyesalan setiap kali aku memberi utk siapapun juga. Kalo istilah gampangnya, setelah memberi...aku tutup mata aja deh, mau dipake utk apapun ato dikasih ke siapapun, itu bukan urusanku lagi. Yg penting, aku memberi dgn cinta, entah itu persembahan utk Tuhan ato pemberian utk orang lain. Aku memberi karena Tuhan Yesus sudah terlebih dahulu memberi kepadaku dgn kasih, so aku memberi juga dgn kasih. That's the important things....
Have a blessed day....
Gbu

with love and pray,
Vega (^_^)

No comments: