Friday, July 18, 2008

Tunduk pada Suami?

Tadi ada seorang temen yg email bertanya apa yg aku mau bagikan hari ini karena menurutnya isi RH hari ini menarik. Dan stlh aku baca, hehehe...memang menarik. Ttg pernikahan. Sesuatu yg blum aku jalani & masih jadi anganku smp hari ini. Hehehe...di usiaku yg hampir 30 th (ups, buka kartu...hehehe) & masih single, pernikahan menjadi sesuatu yg....hm, masih impian buatku. Tapi aku tetep berdoa utk pasangan hidupku. Aku banyak belajar dari kisah cintaku yg kandas, pernikahan orangtua & sahabat2 dekatku, dan banyak buku & kesaksian yg aku baca & dengar ttg kehidupan pernikahan.
Ketika aku mulai deket dgn seorang cowok waktu itu, mami berpesan spy aku belajar menghormatinya. Mami bilang utk orang yg tipenya kayak aku, pasti gak mudah utk menundukkan diri pada seorang cowok. Sejak aku tinggal di Jakarta & hidup sendiri, aku sudah terbiasa mengatur hidupku sendiri...ya istilahnya mandiri-lah. Apalagi aku punya pekerjaan & pendidikan yg baik. Selain tabiatku yg keras, semua yg aku miliki itu membuatku jadi tinggi hati. Dan dapat ditebak cerita selanjutnya, kisah cintaku kandas karena aku gagal memperlakukan cowok itu sbg seorang yg seharusnya aku hargai & hormati. Padahal mami & sahabat dekatku sudah wanti2 lho. Tapi semua itu aku anggap angin lalu, smp ya....semuanya selesai. Dari kegagalan itu, aku belajar banyak hal. Aku percaya dlm setiap kejadian yg aku alami pasti ada rencana & maksud Tuhan. Dan disitulah aku belajar ttg susahnya menundukkan diri. Susah memang, tapi dgn kekuatan yg Tuhan berikan, pasti bisa.
Aku punya sahabat dekat yg sangat pintar, lulus cumlaude & mendapat pekerjaan dgn gaji yg cukup bagus di Semarang. Aku ingat dia pernah cerita : "Aku mengerti tidak mudah buat kita, cewek2 yg sdh bekerja & mapan apalagi kayak kamu yg tinggal sendiri, utk bisa menghargai seorang cowok sbgmn harusnya kita menghargai mereka. Aku juga gak gampang utk bisa menundukkan diri pada cowok yg lebih muda dari aku, gajinya lebih gede aku drpd dia, secara pendidikan aku juga lebih tinggi & aku adalah ketua komselnya. Kalo cuma mengandalkan cinta tok ya gak akan bertahan. Aku dulu orangnya selalu nge-lead smp suatu hari dia bilang, bisa gak kamu menghargai aku? Selama 1 tahun bersama dia gak pernah komplain lho. Malam itu aku doa & introspeksi diri & Tuhan tunjukkan Efesus 5 : 22-24. Jujur saat itu aku blum punya pikiran utk menikah dgn dia, tapi ayat itu mengajariku bagaimana seharusnya aku belajar utk menghormati & memperlakukan dia. Biar gimanapun aku percaya cowoklah yg akan jadi imam & kepala rumah tangga, bukan yg cewek. Dan saat aku mulai belajar berubah, dia juga ngikutin. Perlahan tapi pasti, kami berdua sama2 saling dibentuk. Aku belajar jd 2nd man karena dgn siapapun aku menikah nanti, 1st man harus tetap yg laki2. Lewat proses pembentukan itu & pertentangan keluarga kami yg akhirnya setuju, kami sepakat utk menikah & smp sekarang masih terus belajar karena pernikahan itu proses seumur hidup." Apa yg dia ceritakan itu hampir mirip dgn kisah orangtuaku. Mami secara pendidikan lebih tinggi drpd papi & aku percaya mami bisa dpt pekerjaan yg baik saat itu, namun rela tidak bekerja demi utk ngurus anak2 & jadi orangtua tunggal selama papi berlayar. Aku ngerti saat itu pasti berat utknya, tapi karena penundukkan dirinya pada papi, mami melakukannya juga. Aku ingat mami pernah bilang : "Kalo aku ngikutin egoku, aku bisa aja nolak utk jadi ibu rumah tangga. Tapi aku ingat janji pernikahanku : aku akan tunduk kepadamu spt jemaat tunduk kpd Kristus. Awalnya memang berat, tapi aku berdoa & belajar melakukannya karena cinta & komitmenku. Pernikahan itu merupakan proses kontinyu utk tidak menjadi melebur ego 2 pribadi menjadi satu & itu butuh pengorbanan dari kedua belah pihak."
Aku belajar dari pernikahan dua pasangan yg aku tulis itu, pernikahan itu proses seumur hidup yg butuh cinta & komitmen.....siap utk digesek kapanpun juga krn 2 pribadi dgn ego yg berbeda harus dilebur jadi satu supaya tercipta kesatuan & harmonisasi. Utk itu butuh penyangkalan diri & pengorbanan dari 2 hati yg terlibat dlm pernikahan itu....dan proses itu akan berlangsung terus sampai maut memisahkan.
Have a blessed day.
Gbu

with love and pray,
Vega (^_^)

No comments: