Thursday, July 31, 2008

Belas Kasihan dalam Angkot

Hm, jadi banyak bicara ttg belas kasihan ya? Gak ada yg kebetulan memang....Aku kadang merasa selama ini fokusku hanya pada diriku, hidupku, keluargaku, pekerjaanku, teman2ku, pokoknya semua ttg ....-ku. Egois sekali gak seeh? Tapi bukannya hampir semua manusia spt itu....yg dipikirkan semua ttg apapun yg ada hubungannya dgn dirinya sendiri. Kadang gak pernah mikirin orang2 di sekitarnya. Aku juga begitu...sibuk mikirin ttg hidupku sekarang, masa depanku, dan semua yg ada kaitannya dgnku...tapi gak peduli dgn lingkungan di sekitarku. Sampai suatu hari ketika naik angkot dlm perjalanan ke kantor, aku tersentuh dgn perbuatan seorang wanita. Ketika itu di pinggir kali Sunter angkot berhenti karena seorang anak perempuan kecil dgn baju seragam SD menghentikannya. Dilihat dari warna baju yg sudah pudar warnanya & kucel, aku langsung tau dari kalangan mana anak ini berasal & aku juga yakin semua orang di angkot itu juga tau. Angkot itu sebenarnya sudah penuh, tapi anak itu memaksa masuk. Mungkin karena sudah hampir jam 7 pagi, dia takut telat sekolah jadi maksa naik. Dan semua orang di angkot itu, termasuk aku, cuek aja. Malah bete sm anak kecil itu, lha wong emang udah penuh kok maksa masuk. Tapi tiba2 seorang wanita berkata, "Sini, dek, tante pangku." Anak itu dgn spontan masuk & duduk di pangkuan wanita itu. Aku sampe bingung. Kenal kagak, mau2nya mangku anak orang. Kucel lagi. Gak lama anak itu turun & mengucapkan terima kasih pada wanita itu. Anak itu gak usah bayar ongkos krn dia dipangku & tumben sopir angkotnya gak nagih ongkos. Kayaknya semua orang termangu melihat apa yg dilakukan wanita itu. Wanita itu keturunan tionghoa, sedangkan anak kecil tadi berjilbab. Aku tidak bermaksud rasis dgn memperjelas perbedaan itu, tapi itu adalah peristiwa yg baru sekali itu aku lihat. Mengerti yg aku maksud kan? Makanya ketika aku baca renungan hari ini, aku langsung teringat peristiwa itu. Dan jujur, aku malu sekali.....Wanita itu jauh lebih punya kasih drpd aku yg sama2 berada dlm angkot itu. Peristiwa itu kayak menampar aku, dimana belas kasihanku ketika melihat anak itu? Apa karena perbedaan status sosial yg sangat keliatan shg aku "menolak" anak itu? Apa kita juga masih punya belas kasihan kpd orang lain? Ato semua hanya melakukan tindakan utk diri kita sendiri? Semoga ini bisa jadi bahan perenungan kita bersama. Seberapa jauh kita punya belas kasihan spt yg Tuhan Yesus contohkan semasa hidupNya di dunia?
Have a blessed day.
Gbu

with love and pray,
Vega (^_^)

No comments: