Thursday, July 31, 2008

Latihan untuk Perlombaan

Dulu setiap kali aku mengalami kesulitan dlm perjalanan hidupku, aku sering mengeluh, "Ya ampun, masalah lagi? Aduh, kapan berhentinya ya? Kenapa sih gw gak dibiarkan nyaman? bla...bla...bla...." Aku selalu bertanya kok masalah sering banget nongol ya? Dan Tuhan selalu dgn sabar memberiku pengertian bhw semua kesulitan/masalah itu memang harus terjadi utk menempa aku. Sampai suatu hari, mungkin Tuhan juga sebel karena aku gak ngerti2....aku merasakan nada bentakan dlm teguranNya : "Cuma orang mati yg gak punya masalah. Selama manusia hidup di dunia ini, masalah tidak akan pernah pergi dari hidupnya." Aku kaget sekali dibentak begitu, aku mikir lha kok gitu tho? Tapi stlh dipikir2 lagi, sangat logis kok. Hehehe, aku seneng punya Tuhan yg sangat kreatif dlm mengajariku. Kadang dididik dgn cara halus, kadang juga harus dibentak & dimarahi biar aku ngerti. Kadang Tuhan bisa menjelaskan sesuatu dgn sangat logis, tapi kadang juga sama sekali gak masuk di otakku ato bhkn gak ngasih penjelasan apa2. Yup, aku mengerti dgn segala kedaulatanNya, Dia berhak melakukan semua itu. Toh sapa aku sebenernya di hadapan Tuhan. Kalo bukan karena kasih karuniaNya thok, aku bisa kenal Dia.
Back to pembicaraan ttg masalah tadi. Stlh dibentak gitu, aku tanya lagi, "Kenapa harus ada masalah, Tuhan? Apa gunanya masalah buat manusia?" Kali ini aku mendapatkan jawabannya lewat buku Purpose Driven Life yg aku baca...hidup itu suatu perlombaan....Masalah itu adalah latihan & ujian utk mengalami lompatan yg lebih besar dlm perjalanan hidup kita. Kalo aku merenungkan lagi semua yg terjadi dlm hidupku, setiap masalah & berkat yg aku terima, aku mulai mengerti kenapa Tuhan ijinkan masalah terjadi dlm hidupku. Ada masalah yg terjadi karena memang aku yg menyebabkan itu terjadi, contohnya : karakterku yg keras & suka marah2 yg mempengaruhi hubunganku dgn orang lain, & ada masalah yg terjadi dgn sendirinya (bukan karena aku yg menyebabkan itu terjadi, terjadi di luar jangkauanku), misalnya : aku nyetir gak ngebut di jalur yg benar, tapi ditabrak orang dari belakang. Kalo masalah karena emang sikap & pembawaan kita yg buruk, kuncinya cuma satu : kita harus mau berubah & diubahkan oleh Tuhan. Tapi kalo masalah yg emang terjadi dgn sendirinya, ya...itu yg namanya latihan & ujian thd iman percaya kita. Seberapa besar kita mengandalkan Tuhan utk mengatasi masalah tsb & seberapa kita percaya bhw lewat setiap masalah, Tuhan punya rencana yg lebih besar dr yg pernah kita pikirkan.
Kalo kita sedang menghadapi masalah akhir2 ini, ingatlah...itu latihan spy ke depannya kita lebih kuat....itu merupakan ujian spy kita bisa naik ke tingkat iman yg lebih tinggi. Apapun masalah yg kita hadapi saat ini, tetap arahkan pandangan kita hanya pada Tuhan Yesus. Saat kita tidak kuat, jangan pernah menyerah. Minta Tuhan utk perbaharui kekuatan kita. Dengan duduk diam di kakiNya & merenungkan firmanNya, kita akan dapat kekuatan baru.
Ingatlah bhw hidup ini adalah perlombaan....jangan menyerah sebelum mencapai garis akhir yg Tuhan tetapkan bagi kita. Tetaplah berjuang smp akhir. Dalam setiap masalah yg terjadi, ingatlah....tidak selamanya kita akan berada dlm masalah itu terus-menerus...jangan pernah merasa sendiri karena ada Kristus yg selalu beserta dgn kita. Jadi larilah terus...tetaplah berjuang...jalani perlombaan hidup kita smp finish.
Mengutip reff lagu Tetap Setia ciptaan Sari Simorangkir :
Tlah kulihat kebaikanMu
Yang tak pernah habis di hidupku
Kuberjuang sampai akhirnya
Kau dapati aku tetap setia
Berjuanglah terus dlm hidup kita smp akhirnya Tuhan mendapati kita tetap setia. Keep on fighting....never give up...'coz God with us. Immanuel...!!!!!
Have a blessed day.
Gbu

with love and pray,
Vega (^_^)

No comments: