Thursday, July 31, 2008

Kepentok

Hm, ini gw banget....dulu sebelum aku kepentok satu masalah yg mau gak mau memotivasiku utk berubah. Aku tau semua orang akan bilang : "Mana mungkin orang yg temperamental kyk Vega bisa berubah?" Tapi justru itu resolusi yg aku buat akhir tahun lalu. Aku memang seorang yg gampang banget naik emosinya, gampang terpanik2-ria, gampang bingung, gampang marah2....pokoknya gampang reaktif. Itu aku...tapi suatu kejadian di tahun lalu mengubah pola pikir & hatiku. Aku berkata pada diriku sendiri : "Aku tidak mau spt ini terus. Aku mungkin tidak bisa mengubah habit & sifat yg sudah sekian puluh tahun aku hidupi dlm sekejap mata, tapi aku percaya aku pasti bisa berubah karena pertolongan Tuhan & usaha kerasku."
Aku ingat malam tahun baru itu aku berdoa di hadapan Tuhan, mencurahkan segala isi hatiku ke Tuhan. Ada suatu proses tidak enak yg harus aku alami di tahun 2007, tapi di tahun 2008 ini aku tidak mau mengulangi kesalahan yg sama. Dan itu yg membuatku belajar utk berubah. Dalam setiap kejadian dlm hidup kita, walo gak enak sekalipun, itu pasti ada maksud & tujuan yg Tuhan tetapkan utk kita. Tidak gampang memang utk seorang yg moody spt-ku berubah, tapi dalam 7 bulan ini Tuhan bener2 memproses aku. Justru aku lebih sering dihadapkan ato bergesekkan dgn banyak kejadian yg sebenernya memicuku utk reaktif. Tapi seiring berjalannya waktu & pimpinan Roh Kudus, aku mulai mengerti kapan saatnya aku harus mengerem reaksiku. Memang tidak selalu berhasil, kadang juga masih kelepasan reaktifnya, tapi aku tetep berusaha. Dan aku perkatakan itu setiap hari. Aku ingin berubah....dan aku percaya selama ada kemauan & minta pertolongan Tuhan utk memampukanku berubah, aku pasti bisa. Karena aku mengerti, Tuhan pasti juga mau aku berubah utk jadi seorang yg lebih baik.
Gak gampang memang, apalagi si jahat selalu mengingatkanku bhw aku tidak akan pernah bisa berubah & itu yg akhirnya selalu membuatku menyerah bhw aku tidak akan pernah bisa berubah. Tapi ketika aku baca sebuah buku yg ditulis Pak Yusak Tjipto (aku lupa judulnya. hehehe...) ttg kehidupannya bagaimana dia pada masa mudanya begitu temperamental & keras dgn segala sifat jelek lainnya, namun bisa diubahkan Tuhan. Aku ingat beliau tulis di bukunya : "Manusia tidak akan pernah bisa mengubah karakternya sendiri, tapi TUHAN SANGGUP asal manusia itu mau utk diubah & meminta Tuhan utk mengubahnya." Ya, make sense sih, kalo manusianya gak mau berubah, ya gimana Tuhan bisa bekerja? Kan manusia sudah diberi kehendak bebas utk memilih, jadi sebenernya semua itu tergantung manusianya sendiri. Buku itu yg akhirnya menguatkanku, memotivasiku utk mencoba & mencoba lagi sampai sekarang. Bukan proses yg gampang & menyenangkan, tp aku percaya itu pasti akan mengerjakan suatu kebaikan utkku di masa mendatang.
Saat dihadapkan pada kejadian ato proses hidup yg memicuku utk reaktif, hampir selalu Roh Kudus ingatkan aku satu ayat di I Petrus 4 : 7b "Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dpt berdoa." Setiap kali ada kejadian yg membuatku mulai panik ato marah2, ayat itu mucul kyk meredamku. Saat kita bisa menguasai diri kita & jadi tenang, saat itulah sebenernya kita bisa berdoa & minta pertolongan Tuhan utk menghadapi masalah itu bhkn melihat pertolongan Tuhan datang. Dalam menghadapi kejadian apapun juga dlm hidup kita, belajarlah utk menguasai diri kita & menjadi tenang karena ....dalam tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu." (satu kutipan dari Yesaya 30 : 15).
Have a blessed day.
Gbu

with love and pray,
Vega (^_^)

No comments: