Thursday, July 31, 2008

Pola Asuh

Hm, jadi ingat kisah keluargaku yg aku tulis beberapa waktu lalu. Yup, bener banget. Apa yg ditabur orang tua pada anaknya itu sangat mempengaruhi bagaimana kelak karakter anaknya. Aku dididik lumayan keras....walo di satu sisi sbg anak bungsu aku memang manja. Tapi ada banyak hal yg memang orangtuaku, terutama papi, mendidikku sangat keras. Aku ingat waktu SMU aku komplain ke papi, kenapa aku dan masku sangat dibedakan? Dan papiku gak jawab pertanyaanku itu. Aku heran kenapa aku harus berjuang keras baru bisa dapatkan reward, tapi masku gak perlu begitu. Dan memang sejak kecil kami dibedakan....itu yg pernah membuatku kepahitan sama orang tuaku. Tapi waktu aku kuliah, gak ngerti tiba2 papi panggil aku trus beliau bilang, "Dek, ingat gak pertanyaanmu 2 taon lalu? Kenapa kami membedakan cara memperlakukan kamu & masmu? Salah satu tujuan utamanya supaya kamu jadi orang yg tough. Hidup yg akan kamu jalani di masa depan pasti jauh lebih sulit drpd yg kami jalani. Aku & mamimu sadar masmu punya kekurangan, tapi kamu...bener2 sangat sehat & normal. Kalo suatu hari nanti papi & mami udah gak ada, masmu cuma punya kamu. Memang mungkin gak adil buat kamu karena harusnya kamu yg dilindungi, tapi kami mengerti kamu punya kelebihan yg gak dimiliki masmu. Oleh karena itu kami menuntutmu lebih. Seandainya masmu juga kayak kamu, kami mungkin tidak akan sekeras itu thd kamu karena kamu gak perlu menanggung dia & juga sebaliknya. Tapi karena yg satu punya kekurangan, jadi yg lain harus menutupinya biar balance. Itulah cinta. Itulah arti keluarga." Aku bilang mereka mendidikku dgn keras bukan dalam arti kekerasan fisik. Seumur2 aku tidak pernah melihat mami & papi memperlakukan kami anak2nya dgn kekerasan fisik. Keras disini dlm arti disiplin, tekun belajar, ada target yg harus dicapai, dsb. Sejak kecil sudah tertanam dlm pikiranku bhw aku punya kelebihan dibandingkan masku yg notabene cowok sehingga lama2 itu membentukku jadi pribadi yg angkuh dan sering tidak bisa menghargai cowok. Mamiku pernah bilang, aku jadi kebablasan sbg cewek....terlalu keras, ambisius & sombong.
Aku ingat saat wisuda pembinaan Wanita Bijak awal tahun ini, mami minta maaf karena telah mendidikku terlalu keras hingga aku terbentuk jadi pribadi yg keras & angkuh. Aku bersyukur.....Tuhan masih mau tegur aku & aku gak dibiarkan terus2an jadi pribadi yg keras walopun cara negurnya Tuhan lewat pergumulan yg gak enak. Tapi aku tetap bersyukur....semua itu karena Tuhan baik. Iya, aku memang masih belum total langsung berubah....tapi mulai sedikit demi sedikit belajar bagaimana seharusnya seorang cewek bersikap. Hehehe....
Pola asuh yg diterapkan orangtua pada anak2nya memang akan membentuk karakter anak2 saat dewasa. Tapi bukan sesuatu yg mustahil utk Tuhan mengubah karakter yg sudah terbentuk itu. Kita mungkin tidak bisa mengubah karakter kita sendiri, tapi Tuhan sanggup. So...aku yakin kalo ada orang menyalahkan pola asuh orangtuanya thd pembentukan karakternya, orang tsb belum dewasa. Aku dulu juga begitu, menyalahkan orangtua bhkn masku karena aku jadi pribadi yg keras. Tapi....sebenernya semakin kita dewasa kita makin tau mana yg benar & salah. Nah, kalo kita tetap memelihara watak/karakter kita yg salah padahal kita punya pilihan utk berubah, ya...itu sih emang orangnya yg gak mau berubah. Makanya aku juga gak percaya kalo ada orang bilang, "Yah, dia mah udah dari sononya begitu, gak bisa berubah." Itu semua tergantung pilihan kita & bagaimana kita menyikapi semua yg sudah terjadi di masa lalu kita.
Apapun pola asuh yg kita terima dari orangtua ato lingkungan masa kecil kita, seharusnya tidak menjadi alasan buat kita utk tidak bisa berubah karena semua pilihan utk berubah itu ada di tangan kita sendiri. Yup, bayangan masa lalu mungkin masih akan sering datang & menarik kita kembali, tapi kalo kita punya kemauan & minta Tuhan menolong, tidak pernah ada yg mustahil utk diubahkan....Itu sebabnya aku percaya setiap orang masih punya kesempatan utk berubah...separah apapun keadaan yg pernah terjadi di masa lalunya ato separah apapun kesalahan yg pernah dia lakukan di masa lalu.
Have a blessed day.
Gbu

with love and pray,
Vega (^_^)

No comments: