Thursday, August 28, 2008

Menerima Kritik

Aku bukan orang yg gampang terima kritik dari orang lain. Sejak kecil emang sering banget ngeyel, itu kata mami. Tapi ada beberapa kejadian dalam hidupku yg membuatku belajar utk mau mendengarkan kritik yg datang padaku & kalo memang itu kritik yg baik, ya kenapa gak aku lakukan? Dan percaya gak kalo hasilnya jauh lebih baik? Gak semua kritik aku terima mentah2 lho, tapi aku selalu belajar memilah2, merenungkan & ambil yg emang baik buatku. Tuhan bener2 ngajari aku utk merendahkan hatiku. Dgn mau terima kritik (yg tentu saja membangun & baik) & belajar utk berubah karena kritik itu, itu membuatku belajar utk melihat hal2 yg selama ini jadi kekuranganku & belajar mengubah apa2 yg jelek dari aku. Hehehe, kayaknya emang jelek banget ya sifat Vega ini? Aku sadar sebagai manusia, i'm not perfect at all...& aku ngerti banyak hal dari aku yg harus diubah. Kritik dari orang lain adalah salah satu triggernya. Gak gampang sih awalnya utk mau mendengar kritik ato masukan ato nasihat orang lain buat aku karena aku orangnya sangat gengsi & sombong utk mengakui kekuranganku. Tapi aku bersyukur punya Tuhan yg dgn berbagai cara & kejadian yg aku alami, Dia bisa membuatku mulai mengerti apa2 yg jelek dari aku & mengajariku utk berubah. Seandainya Tuhan gak terus-menerus mengajariku lewat banyak kejadian yg mungkin gak enak dalam hidupku, aku tetep akan jadi orang yg gak bakal mau terima nasihat orang lain. Dan itu salah satu proses yg gak gampang, apalagi kalo aku lihat orang yg kasih nasihat ke aku tuh orang yg "levelnya" di bawah aku (entah dari level jabatan, umur, status sosial, pendidikan, kerohanian, dll). Tapi stlh aku belajar praktekkan itu, sebenernya aku ngerasa gak ada ruginya juga terima kritik ato nasihat itu. Malah kalo bisa menyaring mana yg membangun ato menjatuhkan kita, kita bisa lho jadi better person.
Aku bisa bilang gitu karena aku ngalami. Kalo aku gak ngalami itu, ya aku gak bisa bilang itu. Aku gak akan cerita apa yg gak aku liat sendiri ato aku denger sendiri ato aku baca sendiri ato aku rasakan sendiri ato aku alami sendiri. Karena buatku, pengalaman itulah yg memperkaya hidupku & itu yg aku bagikan. Belajar utk terima kritik, nasihat ato masukan itu gak ada ruginya kok, asal kita tau menyaring mana yg emang membangun kita sesuai dgn kebenaran firman Tuhan & mana yg menjatuhkan kita karena beda dgn kebenaran firman Tuhan.
Adakah di antara kita yg barusan ato akhir2 ini terima kritik, masukan ato nasihat dari orang lain? Jangan anggap itu sbg ancaman buat kita, tapi anggaplah itu utk kebaikan kita. Belajar rendah hati dgn mau terbuka utk setiap saran, masukan ato nasihat dari orang lain & mau berubah karena nasihat itu, itu membuktikan kita punya hati yg selalu mau diajar dan dibentuk jadi lebih baik. Tuhan liat sikap hati kita.
Have a blessed weekend.
Gbu

with love and pray,
Vega (^_^)

No comments: