Thursday, August 28, 2008

Cara Pandang

Cara pandang sangat mempengaruhi sikap & tindakan kita dalam meresponi suatu keadaan, kejadian ato masalah. Cara pandang kita sangat dipengaruhi oleh paradigma & pola pikir kita. Apapun yg disimpan dlm otak kita ato ada di hati kita, itu yg akan mempengaruhi respon kita thd suatu kejadian yg kita alami. Jadi sangat penting mengisi otak kita & batin kita dgn hal2 yg positif & benar sesuai dgn firman Tuhan.
Aku dulu sangat gampang bimbang & takut thd masa depanku. Ada banyak kegagalan dlm berbagai aspek hidupku yg membuatku trauma & takut utk melangkah. Dan itu sangat membuatku menutup diri thd perubahan. Tapi Tuhan dgn caraNya yg ajaib mengajariku perlahan2 hingga aku mengerti bhw tidak ada salahnya mencoba lagi, bhw kegagalan bukan akhir dari segalanya. When i was in high school, i knew that Christianity is not about religion.....it's about how you live and act like Christ. Jadi pengikut Kristus ya harus berperilaku spt Kristus. Gimana caranya bisa berperilaku spt Kristus? Dgn mengisi pikiran & hati kita dgn pola pikir & hati spt Kristus. Gimana caranya? Ya, mengisi hati & pikiran kita dgn kebenaran firman Tuhan. Tapi herannya, aku baru mulai berlatih memasukkan firman Tuhan tiap hari dalam hidupku dgn membaca Alkitab, dengerin kotbah, baca renungan harian & buku2 rohani lainnya pas aku kuliah. Ya, butuh waktu beberapa tahun utk membuat diriku ngerti & sadar utk melakukannya tanpa paksaan dari siapapun. Orang2 bilang, "Wah, sok religius, mulai belajar mendekatkan diri ke Tuhan". Hahaha, padahal kebalik kan? Ada juga Tuhan yg mendekatkan diri ke kita, tapi kita yg terlalu sibuk & menolak Dia. Ya, itu aku dulu. Sibuk dgn pembenaran diri, sibuk dgn paradigma yg ada di pikiranku, smp aku gak sadar bhw aku makin jadi orang yg negatif dlm memandang masa depanku.
Tapi saat aku mengisi hati & pikiranku dgn firman Tuhan, itu sebenernya awal mulainya aku belajar mengubah pola pikirku selama ini. Belajar memandang diriku sbgmn Tuhan memandang aku. Dan yg paling susah, belajar utk mempercayai janji2Nya di tengah keadaan yg sangat mustahil utk percaya janji2Nya bakal digenapi. Dan bener....sampai sekarang aku masih dalam tahap proses belajar mengubah cara pandang & pola pikirku thd hal2 yg terjadi dlm hidupku. Aku tau aku harus terus belajar & berjuang utk bisa mengubah cara pandang & pola pikirku utk diselaraskan dgn pola pikir & cara pandang Allah. Karena hampir 29 tahun aku hidup, aku tau ada banyak cara pandang & pola pikir yg salah yg sudah tertanam dlm batin & pikiranku yg harus dikikis pelan2.
Kita harus belajar utk melihat keadaan, masalah ato kejadian apapun yg terjadi dlm hidup kita spt apa yg Tuhan mau. Jadi repson kita thd semua itu juga bener. Kalo cara pandang kita salah, ya pastinya respon kita juga salah. Apapun itu, kita perlu melatih diri & terus belajar utk mengubah cara pandang kita thd apapun yg terjadi dlm hidup kita sesuai dgn apa yg Tuhan mau & itu bisa terjadi kalo kita juga rajin melatih pikiran & batin kita utk terus-menerus diselaraskan dgn kebenaran firman Tuhan.
Have a blessed day.
Gbu

with love and pray,
Vega (^_^)

No comments: