Thursday, August 28, 2008

Kebenaran Yang Membebaskan

Hm, renungan yg rada mirip dgn apa yg aku mengerti beberapa waktu lalu. Hahaha, lemot ya. Aku dulu gak ngerti, kenapa aku selalu jatuh di dosa yg sama. Berkali2 coba keluar, eh...ujung2nya nyemplung lagi. Gagal lagi deh. Dan aku sangat desperate gitu, "Masa gw lebih bodo daripada keledai sih, jatuh di lubang yg sama berkali2? Keledai aja gak mau." Dan dalam suatu kebaktian Minggu di gereja, ayat ini dikotbahkan. Yes, aku disentil dgn ayat ini. Aku ngerti sekarang. Kenapa aku jatuh di lubang yg sama? Karena aku gak ngerti kebenaran. Kebeneran mana sih yg dimaksud? Kebenaran firman Tuhan. Ya, aku ngerti kalo hal itu dosa, aku berusaha keluar dgn segenap kekuatanku sendiri, tapi akhirnya jatuh lagi. Kenapa sih? Karena aku mengandalkan diriku sendiri & tidak mengisi diriku dgn kebenaran firman Tuhan. Wah, begitu aku disentil kotbah itu, malamnya aku langsung buka tuh bible & mengisi diriku, baik pikiran & hatiku dgn kebenaran firman Tuhan. Yes, itu bener lho. Walo gak otomatis aku jadi suci, kudus, & gak berdosa, no...i'm not a saint or angel, tetep manusia biasa. Tapi firman Tuhan itu bener menjaga, meng-guide & mengingatkanku. Kalo aku mulai bolong2 baca firman, alias kadang baca kadang enggak, pasti gampang terlihat perubahannya di tingkah lakuku sepanjang hari itu & dalam keputusan2 yg aku ambil di hari itu, juga responku thd masalah yg terjadi hari itu.
Paling gampang tuh kemaren. Aku paginya cuma doa thok & gak baca firman. Dan begitu tau kabar dari sahabatku, aku langsung sedih gitu. Sepanjang hari aku gak semangat gitu, kayak gak ada semangat. Malamnya aku introspeksi diri, "Kok bisa ya aku kecewa banget sm Tuhan? Kok bisa ya aku sedih banget? Kok bisa emosiku gak terkontrol?" Trus Roh Kudus ingetin aku,ooohh.....paginya aku gak ngisi pikiran & hatiku dgn firman Tuhan. Hehehe, ketauan deh bolong.
Dgn mengerti kebenaran firman Tuhan, emang gak otomatis kita langsung hidup gak bercacat cela, tapi firman itu mengingatkan, menegur & menjaga langkah hidup kita utk tidak jatuh ke hal2 yg gak berkenan & dosa2 yg sama. Jangan pernah coba dgn mengandalkan kekuatan sendiri, karena tanpa Tuhan & kebenaran firmanNya, sangat mustahil kita bisa keluar dari dosa. Yg ada malah kita bakal putus asa karena selalu melakukan kesalahan & dosa yg sama. Tapi kalo kita bersandar pada kekuatan Tuhan & kebenaran firmanNya, firmanNya akan sanggup utk menolong & menopang kita.
Have a blessed day.
Gbu

with love and pray,
vega (^_^)

No comments: