Thursday, January 22, 2009

Klaim...Premi...Asuransi...

Pernah gak sih kita maksa Tuhan utk segera merealisasikan janjiNya? Aku dulu sering tuh kyk gitu. Ada banyak janji yg Tuhan berikan dlm hidupku...& blom semua digenapi. Kadang aku capek nunggu...lama2 bisa il-feel juga. Aku pernah tanya Tuhan, "Mana? Engkau bilang aku akan bla...bla...bla...tapi mana hasilnya? Mana kenyataannya?" Well, jujur aja deh...pasti kita semua pernah begitu kan? Maksa Tuhan utk memenuhi janjiNya, menuntut Tuhan utk segera merealisasikan janjiNya....Ih, padahal siapa kita ya sok maksa2 Tuhan? Tapi begitulah manusia. Setelah sekian lama sering aku bombardir dgn pertanyaan itu, mgkn Tuhan jengah jg ya... Suatu kali pas aku lagi menuntut realisasi janjiNya, Tuhan ngomong gini, "Sok nagih janji....emang kamu dah bayar preminya?" Hm, bikin bingung aja.... Sampai suatu kali Roh Kudus kasih aku pengertian baru.
Dalam sistem kerajaan Allah, semua ada aturan mainnya. Dan Tuhan itu suka permainan cantik. Dia gak pernah main curang kayak setan, gak pernah menjegal, dan gak pernah keluar dari rules of the game. Selalu ikuti aturan maen. Waktu Dia bilang soal nagih janji & bayar premi, jadi inget ttg asuransi. Tau donk aturan ttg asuransi, premi & klaim? Janji Tuhan tuh ibarat asuransi jiwa. Kalo kita gak bayar preminya, kita gak mgkn bisa klaim asuransi donk. Jadi kita gak bisa minta pertanggungjawaban kalo terjadi sesuatu. Nah, janji Tuhan jg gitu ternyata. Banyak orang senang pas trima janji Tuhan, "Yes, terima kasih Tuhan. Aku terima janjiMu." Tapi seiring bergulirnya waktu, dia nagih pertanggungjawaban dari Tuhan, "Mana janjiMu, Tuhan? Aku klaim janjiMu." Saat itu Tuhan mgkn akan bilang, "Ok, kamu klaim. Jatuh temponya kapan? Emang kamu udah bayar preminya?" Hm...kadang kita sering gak ngeh, pas kita terima janji Tuhan itu...sebenernya ada jeda waktunya antara janji pernyataan Tuhan & waktu penggenapannya. Ada emang yg langsung instant trima realisasinya & kadang ada jg yg harus nunggu sekian waktu baru trima realisasinya. Bukankah Dia Tuhan yg berkuasa atas waktu? Mazmur 90:4 menuliskan "Sebab di mata-Mu seribu tahun sama seperti hari kemarin, apabila berlalu, atau seperti suatu giliran jaga di waktu malam." Nah, soal premi...kalo kita gak bayar preminya, gimana kita bisa klaim tuh asuransi? Sekarang cek di hati kita masing2 deh dgn jujur & tanya Tuhan : bener gak selama ini kita udah bayar preminya. Lho preminya tuh apa sih? Oh, ada banyak....contohnya bisa berupa hati yg mau mengampuni, bisa berupa karakter yg mau diubahkan, bisa jadi harus melepaskan sesuatu yg sangat berharga dlm hidup kita, bisa juga konsistensi waktu kita utk bersekutu dgn Tuhan, bisa juga hati yg rela dibentuk kyk apa yg Tuhan mau, bisa juga hati yg mau menerima dgn rela kenyataan yg kadang gak spt apa yg kita inginkan, bisa berupa persembahan materi ke Tuhan, bisa juga hati yg gak memberontak ato menolak Firman Tuhan, dan masih banyak lagi yg lainnya... Tiap orang gak sama kok. Kadang kita sok ngeklaim, tapi kita lupa blom bayar premi....makanya pas diklaim, Tuhan cuma ketawa, "Apa yg mau diklaim tho? Lha wong preminya gak mbok bayar."
Setiap janji Tuhan dlm hidup kita harus terus dikawal & dijaga smp tiba pada penggenapannya. Tapi kita sering kali gak ngejaga....jadi tau2 kita melakukan hal2 yg melenceng dan jadinya kita sendiri yg menghanguskan nilai asuransi itu. Ato terjadi kesalahan fatal di luar pertanggungan, jadi ya gak bisa diklaim lagi. Kadang kita juga seeh yg gak setia jaga hati & hidup kita, jadinya malah gak terima penggenapan janji Tuhan deh.
Kita musti lebih belajar utk menanti dgn sabar...sesekali mengingatkan Tuhan Yesus ttg janjiNya, tapi jangan pernah lagi klaim melulu. Didoakan aja, tapi gak perlu maksa Tuhan utk mereleasasikan janjiNya sesegera mungkin spt apa yg kita mau. Well, kita harus sadar diri donk sapa kita di hadapan Tuhan. Lagipula Dia gak pernah lupa sama janjiNya kok. 2 Petrus 3 : 9 menuliskan "Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat." Kadang perlu juga mengingatkan Tuhan akan janjiNya, tapi gak usah tiap hari dituntut. Meskipun Dia Bapa yang baik, tapi tetep aja Dia juga Tuhan Pencipta kita & Raja kita. So we have to respect Him & His authorities.
Have a blessed day.
Gbu

with love and pray,
Vega (^_^)

No comments: