Thursday, January 15, 2009

Sentuh Hatiku

Di pertengahan tahun lalu seorang teman mengabariku jawaban doanya selama 1 tahun terakhir ini...orangtuanya bercerai. I don't know what to say...she cried..cried...cried at the telephone. I wish i could spread my wings and fly to her town. Kadang gak nengerti... pernikahan yg sudah berjalan hampir 30 tahun bisa berakhir spt itu. Aku jg gak bisa ngomong apa2....bener2 speechless waktu itu. Aku hanya bisa diam dengerin dia nangis, lebih tepatnya spt merintih....sangat memilukan. Dalam suatu kali pas dia telpon, aku lg setel mp3 Sentuh Hatiku. Well, dia langsung mengenali lagu itu, "Ve, that's your broken heart song." Hehehe....yup, aku denger lagu itu pertama kali pas aku putus. Ironis ya? Jadi kyk backsound-nya. Tapi ketika aku recovery, lirik lagu itu justru yg menguatkanku & bener2 menyentuh hatiku...makanya sampai sekarang aku pake jadi RBT hapeku because i love it. Hehehe... Singkat kata dia memintaku menyanyikannya di telpon. Baru kalimat pertama aja dia udah nangis. Aku gak tega, udahlah distop aja. Tapi dia maksa. Jadilah kami menyanyikannya sambil bertangis2an. Aku gak ngerti memang bagaimana situasi hatinya saat itu....tapi aku bisa merasakan hatinya yg hancur sekali.
Betapa kumencintai segala yg telah terjadi
Tak pernah sendiri jalani hidup ini selalu menyertai
Betapa kumenyadari di dalam hidupku ini
Kau selalu memberi rancangan terbaik oleh karena kasih
Bapa, sentuh hatiku, ubah hidupku menjadi yg baru
Bagai emas yg murni Kau membentuk bejana hatiku
Bapa, ajarku mengerti sebuah kasih yg selalu memberi
Bagai air mengalir yg tiada pernah berhenti
Setengah tahun berlalu...dia menulis email bhw dia udah bisa menerima keadaan itu, tapi dia tetep berdoa minta Tuhan menyatukan lagi kedua orangtuanya. Aku kutip sedikit emailnya, "Ve, kadang aku gak ngerti kenapa ini semua harus terjadi. Aku salah apa? Adik2ku salah apa? Keluargaku salah apa? Kenapa papa-mama harus cerai? Berbulan2 aku bertanya itu ke Tuhan & Dia gak jawab apa2. Sampai aku pernah bilang aku mau tinggalkan Tuhan, percuma ikut Yesus malah jadi kacau gini keluargaku. Tapi tiba2 aku inget lagu itu & aku inget salah satu firman Tuhan Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. (Roma 8:28) Aku gak tau ya, tapi firman itu kayak ngejar aku terus. Ve, akhirnya aku memutuskan aku mau tetap percaya pada Tuhan Yesus. Apapun yg terjadi, aku gak akan tinggalkan Dia karena aku percaya Dia membuat segala sesuatu indah pada waktunya & aku percaya Dia sanggup utk mempersatukan papa-mamaku lagi. Gak ada yg mustahil buat Tuhan. Gak tau gimana caranya, gak tau kapan, tapi Dia pasti bisa melakukannya. Aku percaya di balik semua ini pasti ada rencana Tuhan yg baik buat aku & keluargaku, meski aku blom tau apa itu." Aku terharu baca emailnya....dia melihat dengan mata iman bhw keluarganya bisa dipersatukan lagi meski pada kenyataannya gak gitu. Aku bener2 sangat diberkati dgn emailnya itu. Well, aku gak tau perasaan & kondisi jiwanya saat tau kedua orangtuanya cerai...tapi yg aku tahu pasti sakit banget. Lha wong pas aku putus aja bisa sakit banget...apalagi ini orang tuanya cerai. Tapi dari kisahnya itulah, aku diajari lagi tentang iman & pengharapan kepada Tuhan Yesus. Dan aku bersyukur dia gak jadi antipati sama Tuhan ato membenci orangtuanya. Dia gak membiarkan sakit hatinya tumbuh lebat & membuat hatinya makin hancur, tapi dia ijinkan Tuhan bekerja dlm hidupnya. Itu bener2 kasih Bapa yg menyentuh hatinya & membuatnya jadi baru.
Kadang kita gak pernah tau kenapa ini-itu terjadi dalam hidup kita. Kadang kita bertanya2 & Tuhan diam aja. Kadang kita jadinya menyalahkan Tuhan, orang lain, keadaan, bahkan diri kita sendiri. Tapi kalo kita belajar utk percaya & menyerahkan semuanya ke dalam tangan Tuhan, Dia pasti memberikan kekuatan pada kita & gak mustahil utk Dia membalikkan keadaan kita. Tuhan Yesus gak pernah berjanji kalo hidup kita akan mulus2 aja, tapi Dia berjanji akan memberi kekuatan & perlindungan dalam menghadapi apapun. Apapun yg terjadi dalam hidup kita, pergumulan seberat apapun, badai sekeras apapun yg menghantam, kegelapan sepekat apapun yg menghalangi jalan kita, kita harus tetap percaya bhw ada perlindungan di bawah kepak sayapNya & terangNya akan menuntun jalan hidup kita. Jangan pernah meragukan kebaikanNya dalam hidup kita. Yesus Kristus yang kita sembah adalah Tuhan & Raja yang berkuasa atas keadaan apapun.
Have a blessed day.
Gbu
with love and pray,
Vega (^_^)

No comments: