Thursday, January 15, 2009

Apakah Akan Indah Pada Waktunya?

Waktu aku pulang ke Semarang akhir tahun lalu, aku dikejutkan dgn berita salah seorang teman akan bercerai dgn suaminya. I called her & kita janjian ketemu di rumahnya. Stlh crita ngalor-ngidul & ngerumpi2, aku tanya bagaimana kabar suaminya. Pecahlah tangisannya...Aku tanya kenapa dia smp mau cerai. Suaminya seorang gay ternyata. What??????? Aku shock dengernya. Masa seeh? Dia tau itu seminggu stlh mereka married. Aku emang gak dateng pas mereka nikah, tapi mami dateng & seneng gitu liat mereka apalagi suaminya ganteng. Dia cukup dekat dgn mami, jadi sebenernya mami lebih dulu tau kalo mereka mau cerai. Aku bener2 gak kebayang apa yg dialaminya. Dia mengambil keputusan utk cerai stlh 1,5 tahun menggumulkan hal itu & ternyata tidak ada perubahan sama sekali dari suaminya. Waktu aku tanya masa gak ada kesempatan lagi buat suaminya utk berubah? Masa gak percaya Tuhan sanggup mengubahkan suaminya? Sambil nangis2 dia bilang, "Ve, aku masih cinta sm suamiku. Aku bener2 sayang sm dia. Tapi aku jijik banget sm dia. Kebayang gak seeh? Bener2 pengalaman buruk buatku. Malam pertama aku ditinggalin, dia pulang ke rumahnya. Aku tau dia gay pas honeymoon. Kamu bisa bayangin gak seeh gimana perasaanku? Honeymoon yg harusnya bahagia, dihancurkan kyk gitu! Selama ini aku bertahan karena aku gak mau membuat malu orangtuaku, aku gak mau mengecewakan Tuhan, tapi aku dah gak sanggup lagi, Ve. Aku dah gak kuat lagi. Hatiku sakit banget. Aku mending cerai & gak pernah married lagi, drpd aku harus tetep nikah dgn seorang gay spt dia. Jangan pernah suruh aku mengubah keputusanku itu. Please...aku dah mencoba 1,5 th ini. Aku gak bisa lagi teruskan ini." Aku peluk dia....kami menangis bersama2.
I had nothing to say to her....menikah dgn seorang pria, ditinggalkan pas malam pertama & tau bhw pria itu seorang gay tepat saat honeymoon. Ya ampun....nightmare banget!!!! Bukan pernikahan yg diimpikan semua perempuan. Serasa cerita di pilem2 ato sinetron2. Dan ini temanku sendiri yg ngalami. Aku gak bisa bayangkan kehidupan pernikahan spt apa yg dia jalani selama 1,5 th ini. Selama ini dia selalu terlihat bahagia bersama suaminya. Dalam perjalanan pulang dari rumahnya, aku nangis... "Tuhan Yesus, please...tunjukkan belas kasihanMu padanya. Please, Tuhan. Sebagai seorang teman, aku gak mau dia menjalani kehidupan pernikahan dgn seorang gay spt itu. Tapi aku tau apa yg sudah dipersatukan Tuhan gak bisa dipisahkan manusia. Aku gak rela dia harus menjanda di usia sptku sekarang. Dia berhak dapatkan kehidupan yg bahagia & normal, Tuhan. Aku minta Engkau pulihkan luka hatinya. Tolong dia, Tuhan." Waktu itu di radio diputar lagu Indah Pada Waktunya yg dinyanyikan Edward Chen :
Ada waktu tuk bersuka, ada waktu tuk berduka
Ada waktu tuk berdiam, ada waktu tuk berkata
Namun di atas s'galanya, ku tahu Allahku bekerja
Mendatangkan kebaikan bagi yg mengasihiNya

Di saat yg kualami tak sperti yg kuingini
Di saat tiada jawaban mengapa harus terjadi
Namun di atas s'galanya, ku tahu Allahku bekerja
Mendatangkan kebaikan bagi yg mengasihiNya

Mungkin tak kupahami apa yg kini aku alami
Namun ku tahu pasti kasih Allahku tak kan berhenti
Kan kus'rahkan semua pergumulanku padaMu, Yesus
Kar'na kutahu pasti semuanya kan jadi indah pada waktunya

Entah kenapa tiba2 aku menepikan mobilku & aku tulis semua teks lagu itu & kirimkan sms2 itu ke temenku. Gak ada balasan. Aku pikir, mungkin dia bete sm aku gara2 smsku itu. Sampai aku pergi liburan & balik lagi ke Jakarta, dia tetep gak ada kabar. Tapi minggu lalu dia sms aku, "Ve, aku dah renungkan smsmu itu. Aku cari lagu itu & dengerin terus2an. Aku tanya ke Tuhan, apa yg indah dari semua ini? Kenapa aku bs salah pilih suami yg gak normal? Tp aku mau kasih kesempatan lagi...mgkn 1,5 th kemaren blom ckp waktu utk mengubahkan suamiku. Aku gak tau smp kapan aku bisa bertahan, Ve, tp aku akan coba utk gak ngebatasin waktunya Tuhan. Bantu doa ya, Ve." Waktu baca sms itu, aku nangis. Ada perasaan gak rela kenapa harus temenku yg ngalami ini. Harga yg harus dia bayar utk pernikahannya sangat besar. Aku bahkan gak berani berandai2 kalo jadi dia, aku akan ambil keputusan apa. Aku mgkn gak akan sekuat dia. Aku gak tau akan spt apa jadinya pernikahannya nanti, tapi biar Tuhan yg bekerja. Aku tetep percaya Dia Tuhan yg sanggup membalikkan semuanya.
Ada banyak masalah perceraian yg dihadapi temen2ku, biasanya karena ortunya yg cerai. Tapi baru sekali ini aku ketemu masalah yg temenku sendiri mau cerai karena suaminya gay. Bener2 gak abis pikir...kenapa suaminya yg ganteng itu bs jadi gay, kenapa dia bisa gak ngeh sebelumnya ttg siapa sebenernya suaminya itu pas mereka pacaran, & berbagai pertanyaan lain yg ada di pikiranku. Kadang bertanya kenapa kok semua kekacauan & ketidakbahagiaan itu harus terjadi? Tapi tiba2 terlintas ayat ini, "Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir."(Pengkotbah 3:11)
Kadang kita emang gak bisa ngerti ya banyak hal yg terjadi dlm hidup kita. Tapi satu hal yg kita harus percaya bhw Tuhan Yesus tidak pernah merancangkan hal2 buruk dlm hidup kita, bahkan hal2 yg kayaknya gak baik spt sakit-penyakit, perceraian, putus, kegagalan bisnis, gak lulus ujian, kepergian org yg kita cintai, & berbagai masalah laennya, itu Dia ijinkan terjadi utk tujuan & rancangan yg baik buat kita. Mgkn orang akan mencibir kita, "Mana mgkn kyk gitu baik? Apanya yg baik? Bukannya itu aib?" Tapi kita harus terus percaya....rancangan Tuhan dalam hidup kita tuh gak pernah salah. Semuanya itu baik. Bahkan keadaan tidak baik pun bisa Dia ubah jadi kebaikan bagi kita. Semua tergantung bagaimana sikap hati kita dlm menjalaninya.
Jangan pernah menyerah ya...Tetep berharap kepada Tuhan Yesus.
Have a blessed day.
Gbu

with love and pray,
Vega (^_^)

No comments: