Wednesday, February 4, 2009

Masa Gaji Suami Gw Dipotong 5%?

"Ve, loe tau gak sih? Masa gaji suami gw dipotong 5%? Udah gitu dia dimutasi ke luar Jawa lagi...Uh, sebel...Apa sih maksud kantornya itu?"
Itu kalimat pembuka sebuah email dari seorang teman lama, seorang ibu rumah tangga yg memiliki bayi kecil. Nada jengkel, sebel, keki, tapi gak bisa berbuat apa2. Kebayang sih...di tengah harga2 barang yg beranjak naik dgn inflasi yg melaju di atas 11%, sebuah keluarga kecil dgn segudang kebutuhan susu & pakaian bayi, kebutuhan rumah tangga, kredit rumah, cicilan motor, dll...tiba2 dihadapkan pada kenyataan bahwa budget rumah tangga malah harus dipotong 5% karena gaji kepala rumah tangga yg dipotong. Kebayang banget kesulitan yg dihadapi keluarga kecil ini. Belum lagi suaminya harus dimutasi ke luar Jawa. Di beberapa kalimat berikutnya, dia menuliskan begini "Padahal tetangga sebelah kanan gw suaminya malah dipromosi jadi manajer, naek gaji lagi. Kenapa suami gw malah kyk gini? Gak adil kan, Ve?" Aku bisa menangkap betapa keki & irinya temenku ini dgn tetangga sebelahnya. Di saat tetangganya dapat promosi, eh...suaminya malah kyk "dibuang" ke luar pulau dgn kondisi gaji dipotong (walo utk pemotongan gaji emang diberlakukan ke seluruh karyawan di perusahaan itu). Tapi kalimat berikutnya lebih menarik & dari situlah aku menangkap sesuatu yg mau Tuhan ajarkan ke aku, "Tapi Ve, gw sebenernya jauh lebih beruntung drpd tetangga sebelah kiri gw. Jajaran manajemen di perusahaan suaminya sudah mengumumkan akan mengurangi karyawan di kuartal kedua kalo keadaan gak membaik & suaminya itu ada di daftar karyawan yg akan mengalami PHK. Kebayang gak seeh betapa stress-nya dia? Mana anaknya udah 2 lagi."
Kadang kita terlalu melihat & membandingkan hidup ato keadaan kita dgn orang2 yg keadaannya "di atas" kita. Kita terlalu melihat ke atas. Tanpa kita sadari masih banyak orang2 yg hidupnya "lebih gak enak" daripada kita. Mungkin dgn adanya krisis global ini, mempengaruhi perusahaan tempat kita bekerja ato bisnis yg kita kerjakan. Kadang kita mungkin bereaksi spt temenku ini pada saat dia tau gaji suaminya dipotong 5%...langsung ngomel, ngedumel, gak puas, ato apapun juga. Apalagi kalo ada orang2 yg justru mengalami promosi, kenaikan gaji, profit bisnisnya meningkat, dsb. Kita pasti langsung sebel, iri, keki & ngebandingin diri kita dgn org tsb. Tapi kalo kita ketemu keadaan spt yg tetangga sblh kiri temenku itu, mgkn reaksi kita jg lain. Liat temenku itu...begitu tau tetangga sebelah kirinya malah akan di-PHK, dia bisa bersyukur dgn keadaannya sekarang,"Gaji suami gw dipotong 5% gak apa2 deh, dimutasi keluar Jawa jg gak apa2 deh, asal masih ada penghasilan. Kalo gak, gw & anak gw gimana ntar?"
Ini yg aku suka dari Tuhan Yesus. Setiap kali aku mengalami keadaan yg gak sesuai dgn harapanku, kadang aku justru diajari lewat pengalaman2 orang lain. Padahal temenku ini dah lama gak email aku, lagi sibuk sama bayinya. Tau2 email.... & lewat emailnya itu, aku jadi ngerti aku harus bersikap spt apa di tengah2 keadaan yg gak sesuai dgn apa yg aku harapkan. Bisa saja kan Tuhan langsung ngingetin aku 1 Tesalonika 5:18, "Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu." Tapi Dia gak lakukan itu. Mungkin Dia tau apa reaksiku kalo langsung diingetin ayat itu. Hehehe... Jadi Dia ngajari aku lewat pengalaman hidup temenku. Jadi aku bisa menyimpulkan sendiri & meresponi kenyataan apapun yg terjadi dlm hidupku dgn optimis & legowo meski tidak sesuai dgn harapanku.
Akhir2 ini banyak banget kejadian yg aku gak bisa prediksi, jauh dari harapanku, kadang membuatku down, kadang membuatku bingung aku hrs bersikap spt apa...tapi aku ngerti sekarang gimana aku harus meresponi itu semua.... Bagaimana aku bisa belajar rela, legowo menerima kenyataan itu & optimis utk ke depannya pasti masih ada jalan yg lebih baik terbuka buatku. Dan sikap spt itulah yg membuat semuanya jadi lebih mudah dijalani. Kalo aku tetep menyimpan segala kejengkelan, iri hati, kesedihan ato apapun itu yg negatif2...pastinya itu akan membuat segalanya lebih sulit utk dijalani & malah menambah bebanku sendiri.
Have a blessed day.
Gbu

with love and pray,
Vega (^_^)

No comments: