Monday, May 4, 2009

Belajar Dari Penyapu Jalan

Hari Minggu pagi yg masih gelap…maklum baru jam 5 pagi lebih dikit. Aku melajukan mobilku kenceng2….it’s time for racing…hehehehe… Mumpung jalanan sepi banget, kapan lagi bisa ngebut gitu. Hehehe... Tiap 1 bulan sekali dapat jadwal tugas choir mulai kebaktian jam 6, mau gak mau musti keluar rumah jam 5 biar gak telat. Di jalanan yg masih sepi dan gelap itu, aku melihat beberapa orang ibu & bapak berpakaian oranye yg gak laen adalah petugas kebersihan jalan. Hm….kok aku gak pernah liat mereka sebelumnya ya? Ato emang aku gak perhatiin mereka ya? Secaranya kalo aku berangkat kerja kan matahari dah nongol & aku gak pernah liat mereka di pinggiran jalan lagi bersih2. Mungkin jam kerjanya di jalan besar itu emang pagi2 kali ye? Biar gak ganggu lalu lintas pagi yg sibuk di jalan itu.

Tapi kemaren, entah kenapa tiba2 mataku bisa tertuju pada mereka & sempet memperlambat laju mobilku utk ngeliat mereka lagi ngapain. Setengah minggir ke sisi jalan, aku buka kaca mobil & ngeliat seorang ibu lagi nyapu di pinggir jalan. Kayaknya berasa ada mobil yg jalan2 pelan2 di dekatnya, ibu itu membalikkan badan & tersenyum padaku, “Mo kemana, non, pagi2 gini kok dah cantik?” Aku tersenyum padanya plus ge-er krn dibilang cantik (hihihi...) , “Mau ke gereja, bu. Bu, mulai kerja spt ini jam berapa ya?” Ibu itu menjawab, “Oh, jam 4 saya juga sudah keluar rumah, non. Jam setengah 5 kurang jg udah disini kan rumah dekat.” Aku manggut2 aja, antara takjub & bingung mo nanya apalagi. Akhirnya langsung pamitan, “Oh, gitu ya, Bu. Makasih ya, Bu, saya jalan duluan. Mari…” Hehehe, aku jg bingung musti bilang apa…daripada dia nanya duluan, mending langsung ngacir. Hahaha….

Sempet merhatiin bagaimana si ibu itu kerja, tiba2 aku jadi malu pada diriku. Selama ini kadang aku masih sering males kalo musti bangun pagi2 buat doa pagi….selalu alasanku masih capek. Kalo toh bangun juga, tetep aja ada rasa sebel karena tidurku jadi terganggu gara2 doa pagi. Hm….lama2 doa pagi kok jadi beban buatku ya? Padahal kalo aku liat ibu penyapu jalan itu, jam 4 pagi dah keluar rumah trus bangunnya jam berapa? Lagian kerjaan gitu kan bayarannya pasti gak seberapa gede. Tapi tetep tiap hari dilakoninya dgn senang (ini menurutku lho….secara dia selalu tersenyum & sumringah waktu aku "interview" dia ).

Itu baru masalah bangun pagi lho…..tapi yg membuatku mikirin para penyapu jalan itu bukan cuma itu. Aku ingat akhir2 ini aku sering banget komplain ke Tuhan. Mungkin gak yg komplain dalam arti ngegerutu gak jelas, ngomel2 ato apalah, tapi hatiku sering bertanya2 ttg keadilan Tuhan. Well….beberapa minggu terakhir ini memang minggu yg lumayan berat utk aku jalani. Sempat beberapa kali aku kecewa kenapa ini musti terjadi, kenapa sepertinya yg terjadi selalu ujung2nya membuatku sedih & membuka luka masa laluku, kenapa kok kayaknya ini gak adil buat aku, de el el. Walo aku tau aku harus melupakan apa yg ada di belakangku dan mengarahkan diri pada apa yg ada di hadapanku seperti yg tertulis dalam Filipi 3:13, walo aku tau Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi orang2 yg mengasihi Dia seperti yg tertulis dalam Roma 8:28, walo aku juga tau Tuhan punya rancangan dan jalan yg lebih tinggi drpd apa yg pernah aku pikirkan, tapi kok rasanya susah utk dilakukan.

Dan beberapa waktu ini Tuhan kayak diem aja gak ngomong apa2. Aku jadi lebih bete lagi, ni kok aku kayak ditinggalin sendiri seeh? Tapi pas kemaren mataku tiba2 tertuju pada para penyapu jalanan itu, aku tiba2 langsung ngeh. Gak seharusnya aku komplain & bertanya2 ttg keadilanNya dlm hidupku. Gimanapun juga, tiap orang kan punya pergumulan & bebannya sendiri2….sebenernya itulah salah satu bentuk keadilan Tuhan. Cuma kadang aku yg gak ngerti bhw semua masalah, tekanan, pergumulan hidup ato apapun itulah namanya, merupakan media/wadah yg Tuhan ijinkan aku alami utk membentukku jadi manusia yg lebih baik & lebih bisa bersyukur bhw apapun yg aku alami semua ada dlm kontrol tangan Tuhan Yesus yg baik & aku selalu punya pengharapan dalam namaNya. Well…aku dpt “pencerahan” malah ketika aku ngeliat para penyapu jalanan itu. Hehehe…. Kadang cara Tuhan utk ngasih tau tuh suka aneh2, tapi selalu kreatif & ngasih insight yg dalam.

Have a blessed day.
Gbu

With love and pray,
Vega (^_^)

No comments: