Wednesday, March 18, 2009

Never Look Back.....

Beberapa waktu terakhir ini, aku sering dihadapkan pada kondisi gak enak. Pertama, di keluargaku sendiri. Menjadi decision maker dalam keluarga bukanlah sesuatu yg gampang…musti banyak pertimbangan, musti cek-ricek risikonya, musti mikirin apakah keputusan itu cukup adil utk semua pihak, apalagi kalo menyangkut keuangan keluarga, hubungan dengan keluarga besar, dsb. Kalo utk diriku sendiri mah ya gak ribet….secara yg dipikirin kan cuma satu orang & aku tau apa yg aku mau. Ya...apapun risikonya kan aku sendiri yg nanggung. Tapi kalo keluarga? Well, aku hanyalah anak bungsu yg manja yg emang gak pernah membayangkan bhw ngurusin keluarga itu ribet banget. Aku gak pernah pengen jadi kepala keluarga...gak enak. Walo itu bukan status jabatanku di keluarga, tapi tanggung jawabnya dah kyk gitu. Sampai aku pernah ngomong dalam hatiku, “I wish daddy were still alive....i wish he were here....” Dan saat itu juga Roh Kudus bilang, “Never look back at your past.....”

Kedua, tentang jodohku. Sebenernya gak terlalu mikir2 banget sih, kalo aku gak ketemu orang2 reseh yg selalu mengingatkanku soal umur & jodoh. Padahal kan 2 hal itu gak berbanding lurus....hihihi. Dari beberapa cowok yg aku kenal dekat sebelah putus, aku menemukan fakta bhw mantanku itu masih tetep yg terbaik di antara para cowok itu. Mungkin benar kata beberapa orang dulu, akulah yg “parah” hingga membuat kami berpisah & aku masih tetep sendiri smp sekarang. Saat aku curhat ke Tuhan ttg hal itu, Dia bilang hal yg sama. “Never look back....”

Beberapa hari lalu.....saat aku doa di mobil (hehehe, mamiku lagi disini & aku gak mau mami denger aku ngomong apa aja ke Tuhan....so mobil adalah tempat paling aman utk curhat ke Tuhan...hahaha), Tuhan kasih banyak pertanyaan padaku, “Nak, seandainya pun sekarang papimu masih hidup, apakah memang keadaan keluargamu akan lebih baik drpd skrg? Apakah dgn adanya papimu, hubungan dlm keluargamu akan lebih baik? Seandainya papimu masih hidup, apakah kamu akan jadi lebih dewasa ketimbang sekarang? Apakah kamu akan lebih mengandalkan papimu drpd Aku?” Aku diem.....kayak anak kecil lagi diceramahin emaknya. Padahal Tuhan tuh ngomongnya gak galak lho. “Seandainya kamu masih bersama cowok itu, apakah benar keadaanmu akan lebih baik drpd sekarang? Apakah ada jaminan bhw hidupmu akan lebih bahagia ketika kamu bersama dia drpd hidupmu yg sekarang ketika kamu sendiri? Apakah benar dia memang laki2 yg terbaik buat kamu?“ Aku diem aja... , “Seandainya memang putus dgn dia itu sesuatu yg harusnya gak ada dlm jalan hidupmu alias itu suatu kesalahan spt yg selama ini orang2 pikirkan ttg hubunganmu itu, masa kamu gak percaya bhw Aku bisa mengubahnya jadi sesuatu yg benar & baik buatmu? Seandainya semua orang mencibirmu karena blom nikah kyk temen2mu, apakah kamu yakin bhw hidupmu pasti lebih baik kalo kamu menikah ketimbang masih sendiri kyk sekarang?” Saat itulah airmataku mulai turun....setelah sekian lama aku gak pernah nangis. Sesedih apapun aku berusaha utk gak nangis....menurutku, itulah yg biasa dilakukan orang2 yg kuat. Hehehe...tp kalo ketemu Tuhan sendiri, hm....jaimnya hancur deh. Hehehe....

Malam itu setelah sekian lama kayaknya Tuhan Yesus diem aja, Dia memberiku banyak pengertian & kekuatan, “Nak, jangan liat ke belakang, jangan liat kenangan indah di masa lalumu & membandingkannya dgn keadaanmu sekarang. Gak pernah ada jaminan kalo keadaanmu bakal lebih baik seandainya kamu begini...begitu....seandainya dulu tidak begini...begitu....dsb. Yang kamu harus tau, segala sesuatu yg terjadi dlm hidupmu gak ada satupun yg merupakan kesalahan, semua ada dalam kontrol Bapa. Bahkan seandainya benar itu kesalahanmu, masa Aku gak bisa mengubahnya jadi kebaikan utkmu? Tapi semua terserah kamu....bagaimana responmu thd semua itulah yg menentukan apakah kamu jadi lebih baik ato tidak. Jangan pernah menyesali apapun yg sudah terjadi di masa lalumu & jangan pernah pengen kembali ke masa lalumu. Lihat masa depan dgn optimis & lakukan yg terbaik di masa sekarang.”

Hm, jadi inget kata Paulus di Filipi 3:13b “...aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku,” Dlm The Message malah lebih jelas lagi “By no means do I count myself an expert in all of this, but I've got my eye on the goal, where God is beckoning us onward—to Jesus. I'm off and running, and I'm not turning back.”

Well...aku cuma pengen berbagi pengalaman aja. Mungkin ada yg sedang ngalamin sesuatu yg gak menyenangkan, lalu terbayang masa lalu yg mungkin lebih baik, lebih indah, dsb....lalu timbul penyesalan, pengen kembali ke masa lalu itu, perasaan bersalah yg berlebihan ato malah menyalahkan orang lain. Sudahlah....jangan lakukan itu. Stop it!!!! Hanya menambah beban di hati. Masa lalu haruslah dilepaskan (walo ini prosesnya gak gampang). Utk diambil pelajaran sih OK, tapi tidak utk hidup di bawah bayang2nya ato dijadikan acuan hidup kita ke depannya. Seandainya di masa lalu pun kita melakukan kesalahan....saat kita datang ke hadapan Tuhan Yesus & meminta ampun, Dia akan melakukan suatu kebaikan bahkan melalui hal2 yg buruk dalam hidup kita. Semua itu ada dalam kontrol dan rencanaNya yg indah buat kita. So semua terserah kita bagaimana kita meresponi segala yg terjadi dalam hidup kita.

Whatever happen in your life, never look back at your past....never turn back...just move on & look forward.... coz God will do something good for you...something you never imagine...all because of His grace...

Have a blessed day,

Gbu

With love and pray,

Vega (^_^)

No comments: